Cara Gampang Menjaga Kesehatan Ginjal

by
Batu ginjal (kidney stones) telah mempengaruhi kehidupan sekitar setengah juta orang setiap tahunnya. Batu ginjal umumnya diderita oleh kaum laki-laki yang berusia antara 30 s.d. 50 tahun ketimbang kaum wanita. Agar kesehatan ginjal tetap terjaga, berikut langkah-langkah sehari-hari yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan ginjal. 

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


1. Mengurangi Konsumsi Daging
Mengkonsumsi protein hewani yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Karena itu, konsumsilah protein hewani secukupnya dan tidak berlebihan.

2. Banyak Mengkonsumsi Air Putih
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari 2 ½ liter air putih setiap harinya memiliki resiko terkena batu ginjal 40% lebih kecil ketimbang orang yang hanya sedikit minum air putih. 

3. Membatasi Konsumsi Minuman Bersoda
Tahukah anda sebuah penelitian mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa jenis minuman grapefruit dan minuman bersoda dapat meningkatkan resiko terjangkit batu ginjal. Maka dari itu, mulai sekarang hindarilah minuman jenis tersebut.

4. Diet Tinggi Kalium dan Magnesium
Yang disebut dengan diet tinggi kalium dan magnesium di sini meningkatkan jumlah asupan kedua jenis senyawa tersebut. Kalium dan magnesium bisa anda peroleh dari makanan sehari-hari seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Suplemen Pyridoxine dan Magnesium
Jika anda berniat untuk mengkonsumsi suplemen puridoxine dan magnesium untuk mengatasi batu ginjal, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dengan tanpa dosis yang tepat, penyakit batu ginjal tidak akan sembuh secara optimal.

6. Membatasi Asupan Kalsium dan Garam
Kalsium dan garam memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua zat di atas ternyata akan membahayakan kesehatan kita dalam jangka panjang. 

Salah satu langkah lainnya untuk mencegah terkena batu ginjal adalah dengan membatasi asupan kalsium dan garam. Bagi anda yang menyukai makanan yang asin, mulailah untuk menguranginya.

Nah, itu tadi 6 langkah untuk mencegah maupun mencegah penyakit batu ginjal. Selain dapat membuat kinerja ginjal maksimal, menerapkan pola hidup sehat di atas juga bermanfaat untuk kesehatan organ lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *