10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda yang Membandel

by

Bagi kaum hawa, tentunya sudah teramat familiar dengan salah satu fenomena yang disebut dengan mata panda. Seperti namanya, mata panda adalah lingkar hitam di sekitar mata. Tentu saja dengan adanya kantung mata atau mata panda tersebut akan mengganggu penampilan. Kantung mata atau mata panada sendiri terjadi akibat adanya sumbatan pada aliran darah di sekitar mata. Sehingga akan terlihat seperti kantung mata Anda berisi air.

10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda yang Membandel
Penyebab kantung mata atau mata panda sendiri bermacam-macam. Mulai dari akibat menangis, penyebab utama seperti kurang tidur, faktor genetik atau keturunan, pertambahan usia, alergi, kurang minum, gangguan pada hidung, flu, ada ketidaknormalan pigmentasi kulit, terkena sinar matahari, hingga karena terlalu sering merokok, dan lain sebagainya.

Tetapi Anda tak perlu khawatir. Adanya kantung mata bukan berarti si mata panda tersebut akan terus melekat di bawah mata Anda. Beberapa tips dan cara berikut ini mungkin akan membantu Anda untuk berdama dengan si bandel mata panda.

10 Cara untuk Mengatasi Kantung Mata

1. Kompres mata dengan es batu

Bisa dibilang ini cara yang paling mudah dan paling sering digunakan oleh banyak wanita di luar sana. Selain mudah, bahan yang digunakan pun sangat amat mudah untuk ditemukan. Supaya efektif, Anda dapat mengompres mata anda sekitar 10 menit dengan es batu sebelum Anda tidur. Dan ketika bangun, Anda akan merasa segar, mata Anda akan terasa sejuk. Meski tak begitu efektif, mengompres mata dengan es batu dapat menghilangkan mata panda skala ringan.

2. Parutan Bengkoang

Beberapa produk kecantikan terkemuka menggunakan bengkoang untuk pemutih, atau mencerahkan kulit. Tak ada salahnya bila Anda pun menerapkan hal yang sama dengan menggunakan parutan bengkoang dan menempelkannya pada kantung mata Anda sekitar 10 hingga 15 menit. Perlu Anda ketahui, bangkoang mengandung vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan airnya pun dapat menyegarkan kulit Anda.

3. Irisan Mentimun

Mungkin Anda sering melihat di televisi, wanita yang sedang menggunakan masker wajah akan menutup kedua matanya dengan irisan mentimun. Apa fungsinya? Ya, benar! Fungsinya adalah untuk menghilangkan kantung mata. Untuk lebih memberikan kesegaran, ada baiknya sebelum digunakan, mentimun disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin. 

Baca juga: Manfaat Penting Mentimun bagi Kesehatan

4. Masker Kentang

Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang dapat mengatasi kulit memerah, sehingga kentang sangat baik untuk peradangan atau inflamasi. Namun, karena kentang tidak mengandung astrigent, maka kentang tidak digunakan untuk lingkar mata. Cara yang tepat adalah menempatkan parutan kentang yang dimasukkan ke dalam kain tipis, lalu kompres area sekitar mata selama kurang lebih 30 menit.

5. Kantung Teh Celup bekas

Cara berikut ini pun tentunya telah sering Anda dengar. Kantung teh celup dari teh hitam atau teh hijau ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi kantung mata. Hal ini disebabkan karena teh tersbeut memiliki kandungan zat tanin yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit.

6. Gunakan 2 bantal yang nyaman

Salah satu penyebab mata panda adalah kurang tidur. Anda dapat menggunakan dua bantal yang nyaman ketika tidur. Hal tersebut bertujuan agar kepala menjadi nyaman dan berada pada posisi terbaik sehingga membantu mengatasi penumpukan aliran darah, terutama di daerah sekitar kantung mata.

7. Tidur yang cukup

Selain menggunakan dua bantal yang nyaman, Anda pun harus mengurangi begadang yang membuat Anda menjadi kurang tidur. Penelitian mengatakan, tidur dan waktu istirahat yang baik untuk merilekskan badan adalah pada saat malam hari. Setuju?

8. Concealer

Yang satu ini merupakan salah satu jenis kosmetik. Penggunaan concealer memang hanya bersifat sementara saja karena untuk menunjang penampilan. Bisa dibilang, menggunakan concealer ini merupakan cara instan saat ber-makeup untuk menyamarkan atau menghilangkan kantung mata.

9. Krim berkolagen

Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung kolagen di sekitar area kantung mata. Retinol dan vitamin C dapat membantu regenerasi, mencerahkan, dan mengencangkan kulit.

10. Krim mata

Cara yang satu ini adalah cara yang paling umum. Menggunakan krim mata setiap pagi dan malam akan membantu Anda untuk menyamarkan kantung mata, dan lama kelamaan akan membantu Anda untuk menghilangkan kantung mata tersebut.

Simak juga: 10 Obat Alami untuk Mengatasi Mata Gatal

Dari sekian cara di atas, Anda dapat mencoba dan menemukan cara yang mana untuk membantu menghilangkan kantung mata yang bandel, juga mata panda yang mengganggu dan merusak penampilan. Sudah siap mencoba? Bye bye, mata panda! (mw)

Informasi Kesehatan:

  • cara menghilangkan mata panda yang membandel
  • cara mengatasi mata panda yang bandel
  • Cara menghilangkan mata panda yg bandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *