10 Cara Alami Mencegah Kanker Payudara

by

Kanker payudara adalah jenis kanker yang sering diderita oleh kaum wanita dan juga tergolong sebagai penyakit yang mematikan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kanker payudara akan jauh lebih tinggi dari saat ini. Bahkan, diyakini bahwa dalam beberapa tahun mendatang, satu dari setiap delapan wanita akan berada pada risiko terkena kanker payudara dalam hidupnya.

10 Cara Alami Mencegah Kanker Payudara
Kanker payudara adalah penyakit yang kompleks dan ada banyak faktor pemicunya, seperti genetika, gaya hidup dan faktor makanan. Namun, Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dengan kebiasaan sehat seperti membatasi konsumsi alkohol, menghindari merokok, mengendalikan berat badan Anda, menghindari paparan radiasi dan pencemaran lingkungan, membatasi durasi terapi hormon, tetap aktif secara fisik dan memiliki pemeriksaan medis yang teratur. Aktivitas menyusui juga menjadi cara paling sederhana untuk menurunkan risiko seorang wanita untuk kanker payudara.

Diet sehat juga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Makanan tertentu dapat membantu melawan sel-sel kanker ganas di awal dan dengan demikian membantu dalam mencegah kanker payudara. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda mencegah kanker payudara.

Cara Alami Mencegah Kanker Payudara

1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang dikenal sebagai curcumin yang dapat menghambat berbagai jenis sel kanker, seperti payudara, pencernaan, paru-paru dan kanker kulit. Studi telah menemukan bahwa hal itu dapat sangat membantu dalam pertempuran dan juga memperlambat penyebaran kanker payudara karena protectant sel ampuh, anti-oksidan dan anti-inflamasi. Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas kanker terhadap kemoterapi konvensional.

2. Salmon

Salmon adalah ikan berminyak yang mengandung jumlah asam lemak omega-3 yang memperlambat pertumbuhan tumor kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat yang sama, salmon adalah protein dan sumber vitamin B12 dan D. Semua elemen ini menyediakan tubuh Anda dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker.

3. Tomat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Endocrine Society Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bahwa diet kaya tomat dapat membantu melindungi wanita menopause dari kanker payudara. Tomat mengandung lycopene, sebuah antioksidan kuat yang dapat mencegah perkembangan kanker payudara dengan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

4. Bawang putih

Studi telah menemukan bahwa senyawa sulfur, flavones dan flavonols hadir dalam bantuan bawang putih dalam mencegah kanker payudara. Hal ini juga efektif dalam membunuh sel-sel kanker yang berhubungan dengan payudara, mulut, perut dan kanker usus besar.

5. Biji rami

Biji rami mengandung tingkat tinggi lignan yang melindungi terhadap kanker yang tergantung pada estrogen seperti kanker payudara. Biji rami dan minyak biji rami adalah beberapa sumber esensial asam lemak omega-3 ALA, yang membentuk perisai pelindung terhadap sel kanker yang bertanggung jawab untuk kanker payudara.

6. Bayam

Bayam mengandung lutein antioksidan yang memainkan peran kunci dalam menjaga terhadap kanker payudara bersama dengan mulut, kerongkongan dan kanker perut. Hal ini juga kaya akan karotenoid zeaxanthin dan yang menghapus molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dari tubuh Anda sebelum mereka menyebabkan kerusakan.

7. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa pelawan kanker yang dikenal sebagai indole-3-carbinol yang membantu mengubah metabolisme estrogen dan menekan pertumbuhan sel tumor payudara. Brokoli juga melindungi terhadap kanker tergantung hormon seperti payudara, leher rahim, dan kanker prostat.

8. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu dalam pencegahan kanker payudara. Fitokimia hadir dalam blueberry bekerja sama untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran berbagai bentuk kanker payudara.

9. Delima

Peneliti AS telah menemukan bahwa buah delima mengandung senyawa alami seperti urolithin B yang menekan estrogen mencegah pertumbuhan tumor kanker payudara hormon-responsif. Selain itu, delima mengandung polifenol seperti asam ellagic dengan sifat antioksidan yang mengurangi efek dari estrogen dalam mempromosikan pertumbuhan kanker payudara.

10. Kenari

Kenari mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang membantu tubuh melawan peradangan dan benar-benar memperlambat pertumbuhan tumor kanker payudara.

Baca juga:
Nah, itu tadi 10 bahan alami untuk mencegah penyakit kanker payudara. Selain termasuk mengonsumsi bahan-bahan alami ini dalam diet Anda, Anda juga dianjurkan untuk mendapatkan pemeriksaan medis yang teratur. Berkonsultasi kepada dokter Anda apabila Anda ada keluhan merupakan salah satu cara yang dianjurkan. Selamat mencoba! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *