10 Cara Ampuh Meredakan Nyeri Tumit Secara Alami

by

Nyeri tumit adalah masalah kaki yang sangat umum yang dapat mengganggu aktivitas normal Anda. Nyeri bisa dirasakan di bagian bawah tumit, tepat di belakang tumit atau di lengkungan kaki. Seringkali, jenis nyeri datang secara bertahap dan biasanya lebih buruk di pagi hari setelah bangun.

Cedera, keseleo, patah tulang, saraf terjepit, dan keausan pada bantalan tumit adalah penyebab umum sakit pada tumit. Hal ini juga mungkin karena beberapa kondisi medis, termasuk Achilles tendinitis, bursitis, fibromyalgia, asam urat, taji tumit, plantar fasciitis, arthritis, sindrom terowongan tarsal, dan tendinitis.

10 Cara Ampuh Meredakan Nyeri Tumit Secara Alami
Orang yang mengalami salah satu jenis gangguan di atas biasanya mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan pada tumit. Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan rumah dan menggabungkan perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejala Anda. 

Jika nyeri tumit Anda menjadi parah dan Anda mengalami kesulitan bahkan mengambil langkah, konsultasikan dengan dokter atau ahli penyakit kaki. Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi dan meredakan nyeri tumit secara alami.

10 Obat Alami Mengatasi Nyeri Tumit

Es

Menerapkan es pada tumit melalui kompres dingin adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit tumit secara alami. Suhu dingin memiliki efek mati rasa yang mengontrol rasa sakit dan peradangan. Di samping itu, es efektif dalam mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kaki tendonitis, plantar fasciitis dan taji tulang.

Pijat

Pijat adalah cara lain yang sederhana untuk pengobatan alami untuk nyeri tumit. Meskipun bukan pilihan pengobatan jangka panjang, pijat dapat memberikan bantuan cepat dari rasa sakit. Pijat juga akan mengendurkan otot-otot, melepaskan tekanan, mengurangi kekakuan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Latihan peregangan

Dalam banyak kasus, latihan peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mendorong pemulihan dengan cepat. Bahkan memperkuat otot-otot dan tendon di kaki Anda untuk mencegah rasa sakit lebih lanjut.

Rendam air garam

Merendam kaki dengan air garam dapat meredakan sakit dan nyeri pada tumit. Kristal sulfat magnesium membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Selain itu, panas dari air hangat berfungsi sebagai relaksasi.

Kunyit

Kunyit merupakan obat yang sangat baik dan alami untuk meredakan nyeri tumit. Kurkumin, komponen dalam kunyit, bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat dan agen anti-inflamasi.

Baca juga: 10 Manfaat Ajaib Kunyit untuk Kesehatan

Minyak ikan

Jika Anda memiliki sakit tumit karena arthritis atau taji tulang, minyak ikan adalah pilihan terbaik untuk mengatasinya. Minyak ikan kaya akan asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, minyak ikan membantu mengurangi rasa sakit. Bahkan membantu mengurangi kekakuan otot.

Jahe

Jika nyeri tumit Anda disebabkan oleh beberapa jenis ketegangan otot, cobalah jahe sebagai pengobatan alami. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Pain menemukan bahwa jahe mengurangi nyeri otot yang disebabkan oleh latihan eksentrik.

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan. Senyawa ampuh yang disebut gingerol mencegah produksi hormon rasa sakit. Plus, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Cuka sari apel

Pengobatan lain yang efektif adalah cuka sari apel. Bahan ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bekerja sebagai rejimen manajemen nyeri yang efektif.

Cabe rawit

Cabe rawit kaya capsaicin, senyawa yang memiliki sakit menghilangkan rasa nyeri secara alami. Cabe rawit dapat mengurangi rasa sakit tumit serta ketegangan otot, nyeri sendi dan nyeri pinggang.

Makanan kaya Alkali

Cara lain untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung alkali yang seimbang. Makanan alkali membantu mempertahankan tingkat pH yang tepat dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi peradangan. Bahkan mengurangi penumpukan kalsium, salah satu penyebab utama nyeri tumit.

Demikian 10 cara alami untuk menyembuhkan nyeri tumit menggunakan bahan-bahan rumahan. Jika sudah mencoba cara-cara di atas namun nyeri tumit tidak kunjung reda, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba!

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • obat tumit sakit
  • https://magwuzz com/2016/01/10-cara-alami-meredakan-nyeri-tumit html
  • Obat sakit tumit alami
  • obat tradisional sakit tumit kaki kiri
  • cara mentembuhkan tumit k
  • tungkak kaki bengkak sakit cara mengatasinya
  • Cara mengatasi tumit sakit
  • cara mengatasi sakit tumit
  • cara mengatasi dan mengobati tungkai kaki yg sakit dan nyeri
  • cara alami mengobati tumit yang sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *