10 Manfaat Tak Terduga Biji Alpukat Bagi Kesehatan

by

Alpukat adalah buah super yang disukai dan dimakan banyak orang. Namun, setelah memakan daging buahnya, kebanyakan dari kita akan membuang biji besarnya. Padahal biji alpukat yang berukuan besar itu ternyata menawarkan banyak manfaat kesehatan, lho?

10 Manfaat Tak Terduga Biji Alpukat Bagi Kesehatan
Bahkan, bijinya tersebut mengandung antioksidan, serat dan fenolik jauh lebih tinggi daripada daging buahnya. Karena manfaat kesehatan dari biji alpukat begitu banyak, Anda pun tidak boleh membuangnya begitu saja. Benarkah?

Nah, daripada Anda semakin penasaran, sebenarnya apa saja sih manfaat tak terduga dari biji alpukat ini? Berikut adalah 10 manfaat mengejutkan dari biji alpukat yang sayang bila Anda lewatkan.

Manfaat, Khasiat, dan Kegunaan Biji Alpukat

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Biji alpukat memiliki sifat antioksidan yang kuat. Bahkan, biji-bijian ini mengandung lebih dari 70 persen dari antioksidan yang ditemukan di seluruh buah. Antioksidan membuang radikal bebas yang ada di tubuh, yang nantinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda aman dari infeksi bakteri, virus dan jamur.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Biji alpukat merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi tingkat tinggi lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol ‘baik’) tingkat.

3. Sifat melawan kanker

Biji alpukat juga memiliki sifat melawan kanker. Biji alpukat mengandung flavonol, dan zat flavonoid yang mencakup senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin, yang bekerja sebagai antioksidan kuat untuk membantu mencegah dan mengurangi pertumbuhan tumor dan kanker.

4. Menurunkan berat badan

Biji alpukat kaya akan antioksidan dan membantu membakar lemak, sehingga membantu penurunan berat badan. Konten serat larut biji alpukat menurunkan nafsu makan Anda dan memberikan Anda perasaan kenyang selama beberapa jam. Ini mencegah Anda dari makan makanan ringan yang kaya kalori.

5. Mengurangi peradangan

Antioksidan seperti catechin dan procyanidins dalam biji alpukat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kekakuan akibat peradangan. Selain memiliki sifat antioksidan yang baik, biji alpukat juga kaya sifat anti-inflamasi.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Orang yang menderita tekanan darah tinggi, atau hipertensi, perlu mencoba mengonsumsi biji buah ini. Sebab, biji alpukat sangat tinggi kalium, yang merupakan vasodilator yang baik. Nutrisi ini membantu mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Meringankan masalah perut dan usus

Antioksidan dan serat yang ditemukan dalam biji yang besar dari alpukat tersebut rupanya baik untuk sistem pencernaan Anda. Bahkan, biji alpukat ini mengandung lebih banyak serat larut dari pada daging buahnya.

8. Menunda proses penuaan dini

Biji alpukat bahkan dapat menunda proses penuaan dini. Antioksidan yang kuat di biji alpukat ini mampu melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan besar ke sel-sel kulit yang sehat. Hal ini nantinya dapat mempercepat penuaan kulit dan mempromosikan keriput, bintik-bintik penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus dan kulit kendur.

9. Untuk pengelupasan kulit 

Biji alpukat juga bekerja sebagai exfoliant alami untuk kulit Anda. Biji Alpukat membantu mengangkat sel kulit mati, sebum berlebih dan kotoran lainnya dari kulit.
Baca juga: 11 Khasiat Kulit Pisang untuk Kecantikan

10. Membuat rambut berkilau

Penggunaan lain dari biji alpukat adalah untuk membuat shampo. Shampo buatan sendiri ini akan bebas dari bahan beracun dan membantu membuat rambut Anda tebal dan lembut. Shampo dari biji alpukat ini membantu mengurangi uban pada rambut.

Nah, itu tadi beberapa khasiat menakjubkan biji buah alpukat yang tak banyak diketahui. Jadi, selain daging buahnya, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan biji alpukat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *