Warna Darah Menstruasi dan Artinya Terhadap Kesehatan

by

Menstruasi adalah bagian normal dari kehidupan seorang wanita. Menstruasi bisa pula diartikan sebagai siklus peluruhan dinding rahim. Peluruhan ini berlangsung setiap bulan, dalam jangka waktu 6 hingga 7 hari.

Nah, selama 6 hingga 7 hari ini, seorang wanita dapat mengalami kram perut, bersama beberapa masalah kecil yang berbeda-beda antara satu wnaita dan wanita lainnya, seperti sakit kepala dan gangguan perut atau bahkan sembelit, ketika mereka menstruasi.

Warna Darah Menstruasi dan Artinya Terhadap Kesehatan
Ketika darah menstruasi mengalir keluar dari tubuh dengan cepat, warna merah tua akan muncul pada hari-hari pertama menstruasi. Sementara itu di hari-hari selanjutnya, warna akan mulai memudar menjad tak semerah di hari-hari awal. Namun, kadang-kadang sebagian besar wanita melihat darah menstruasinya berwarna hitam atau coklat selama periode menstruasi, dan membuat mereka menjadi khawatir.

Menurut para ahli, darah haid yang berwarna gelap tersebut menunjukkan bahwa darah yang mengalir keluar dari tubuh tersebut tertahan lama di vagina. Di sisi lain, para ahli juga menyatakan bahwa perempuan yang mengalami terlalu banyak rasa sakit selama siklus menstruasi harus berhati-hati, karena gejala tersbebut bisa jadi merupakan salah satu tanda fibroid.

Ada macam-macam warna pada darah menstruasi yang biasanya dialami oleh para wanita. Berikut adalah macam-macam warna darahnya yang perlu Anda perhatikan, sehingga Anda tahu apa yang Anda lakukan nantinya ketika menemukan darah menstruasi Anda berwarna tak seperti biasanya.

Cokelat

Bila warna darah haid Anda coklat gelap, itu menandakan menandakan darah haid Anda adalah darah tua. Darah ini sudah disimpan di dalam rahim untuk waktu yang lama. Jenis darah seperti ini biasanya terlihat saat pagi hari.

Merah

Warna ini berarti darah tersebut baru dan segera diluruhkan keluar dari tubuh. Jenis aliran darah ini sangat ringan dan tak tersimpan lama di dalam rahim.

Merah muda

Ini adalah warna yang sehat untuk jangka waktu menstruasi yang Anda alami. Warna ini biasanya terlihat pada hari ke-2 saat periode menstruasi. Para ahli menjelaskan bahwa wanita yang memiliki siklus haib yang lebih lama, akan mendapatkan warna medium merah ini dalam rentang waktu yang lama. Namun, jangan khawatir, warna ini menandakan darah haid Anda normal.

Hitam atau keabu-abuan

Anda harus berhati-hati, karena warna ini mengkhawatirkan. Jika Anda menyaksikan warna jenis darah ini periode menstruasi Anda, And atidak boleh mengabaikannya. Darah yang berwarna abu-abu atau hitam mengacu pada keguguran atau infeksi pada rahim. Namun, jika wrana darah hitam tersebut bersamaan dengan warna merah pada hari ke-4 menstruasi, Anda tidak perlu khawatir, karena darah hitam tersebut adalah bekuan darah.

Oranye

Warna ini terlihat ketika darah dicampur dengan cairan dari leher rahim. Namun, darah berwarna oranye cerah juga bisa menunjukkan kemungkinan adanya infeksi.

Sekian penjelasan warna darah haid dan artinya terhadap kesehatan. Jadi, jika Anda menemukan warna ini atau warna yang sedikit berbeda dari merah darah pada umumnya dalam darah haid, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter dan tidak mengabaikannya begitu saja. 

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *