10 Manfaat dan Kegunaan Beras Merah Bagi Kesehatan

by

Beras merupakan makanan pokok di banyak negara. Namun, kebanyakan lebih memilih untuk mengonsumsi beras putih, yang kini mulai dianggap tidak sehat. Proses penggilingan menghilangkan sebagian besar nilai gizi nasi putih, tetapi tidak berarti Anda tidak mengonsumsi beras sama sekali. 

10 Manfaat dan Kegunaan Beras Merah Bagi Kesehatan
Anda bisa beralih ke beras merah untuk pilihan yang lebih sehat. Beras merah adalah sumber yang sangat baik dari protein dan serat. Juga mengandung jumlah yang baik dari magnesium, mangan, fosfor, kalsium, selenium, dan kalium serta besi dan zinc. Beberapa vitamin yang hadir dalam beras merah adalah vitamin B1, B2, B3, B6, E dan K.

Beralih mengonsumsi beras merah akan membawa manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari beras merah.

10 Khasiat Beras Merah Untuk Kesehatan

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Beras merah sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Konten serat membantu mengurangi penyumbatan dalam arteri akibat penumpukan plak. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam American Heart Journal melaporkan asupan lebih tinggi dari beras merah berhubungan dengan berkurangnya perkembangan aterosklerosis koroner pada wanita postmenopause.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Beras merah merupakan sumber serat larut, yang membantu menurunkan tingkat ‘buruk’ low-density lipoprotein (LDL) kolesterol dalam darah. Minyak dalam beras merah telah ditunjukkan hadir dalam tingkat yang lebih rendah dari kolesterol LDL.

Sebuah studi 2005 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa minyak di beras merah tidak membuat lonjakan kolesterol yang signifikan.

  • Mengurangi risiko diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan dicerna lebih lambat, menyebabkan perubahan yang lebih rendah dari gula darah. Ini membantu menghindari lonjakan kadar gula darah. Studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine melaporkan bahwa biji-bijian, termasuk beras merah, mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  • Melindungi dari kanker dan melawan kanker

Beras merah membantu dalam berbagai pencegahan kanker seperti, kanker usus besar, kanker payudara dan leukemia. Efek menguntungkan ini karena antioksidan yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi dalam beras merah.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa beras merah mengandung senyawa kemopreventif kanker.

  • Menjaga berat badan

Beralih dari beras putih ke beras merah bahkan dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Kandungan serat beras merah membuat Anda terus merasa kenyang, yang berarti Anda akan mengurangi kebiasaan ngemil pada makanan yang tidak sehat. Beras merah menjaga hal-hal yang bergerak dalam saluran pencernaan, lebih jauh menjaga berat badan dan fungsi metabolisme.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Beras merah sarat dengan sejumlah besar vitamin, mineral dan komponen fenolik penting untuk kekebalan. Sebuah sistem kekebalan yang kuat mampu mempercepat penyembuhan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

  • Menjaga tulang sehat

Makan beras merah bahkan membantu memastikan tulang Anda tetap sehat dan kuat. Manfaat ini terutama dikaitkan dengan konten magnesium. Satu cangkir beras merah mengandung 21 persen dari nilai harian yang direkomendasikan magnesium.

Magnesium adalah nutrisi kunci, bersama dengan kalsium dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk tulang sehat dan kuat. Magnesium diperlukan untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktif yang membantu dalam penyerapan kalsium.

  • Mendukung fungsi usus sehat 

Beras merah mengandung serat larut, yang terkenal untuk manfaat pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus tetap stabil dengan membantu bergerak massal melalui usus dengan cara yang lebih mudah. Selain berfungsi melancarkan sistem pencernaan, asupan beras merah dapat mengurangi sembelit juga wasir.

  • Menjaga sistem saraf sehat

Beras merah mengandung tingkat tinggi mangan nutrisi, mineral yang dibutuhkan untuk menghasilkan asam lemak dan hormon dan diperlukan untuk sistem saraf yang sehat. Juga, magnesium menyeimbangkan aktivitas kalsium dalam tubuh untuk pengaturan saraf dan otot. Hal ini penting untuk pencegahan kontraksi otot.

  • Makanan sempurna untuk bayi 

Beras merah menjadi lokomotif nutrisi alami dan serat. Beras merah adalah salah satu makanan sehat untuk bayi. Membantu pertumbuhan yang cepat dari bayi Anda. Kandungan seratnya yang kaya memastikan halus usus berfungsi dengan baik dan mencegah sembelit pada bayi.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *