Cara Mencegah Kerutan di Wajah Secara Alami

by
mencegah keriput
Ketika Anda melihat kerutan di wajah Anda, hal itu mungkin akan membuat Anda stress dan khawatir. Selain itu, kerutan pada kulit dapat membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. 

Padahal, kini banyak tersedia krim, serum serta perawatan lainnya untuk mengurangi keriput. Namun apakah cara-cara tersebut terbukti efektif untuk menyamarkan kerutan di wajah Anda? Meskipun demikian, ada baiknya Anda mencoba untuk menggunakan cara alami untuk melawan keriput. Berikut ulasannya.

1. Mengatur pola makan

Diet memainkan peran penting dalam menjaga kulit Anda agar tetap muda dan bersinar. Mulailah untuk menjaga pola makan Anda dengan komposisi yang seimbang yang terdiri dari sayuran hijau dan buah-buahan. Setidaknya konsumsilah salah satu dari sayuran atau buah-buahan.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang-kacangan karena mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit Anda. Selain itu, konsumsi juga ikan minimal seminggu sekali karena kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 membantu untuk menyehatkan kulit dan mengurangi garis dan kerutan secara alami.

2. Tidur setidaknya delapan jam

Sudah terbukti bahwa tidur larut malam atau begadang juga merupakan salah satu penyebab keriput pada kulit. Hal ini penting untuk tidur setidaknya tujuh sampai delapan jam untuk mencegah kerutan pada kulit. Pola tidur yang baik juga mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

3. Batasi mencuci wajah Anda

Jika Anda yakin bahwa mencuci wajah Anda beberapa kali akan membantu kulit Anda, maka hal ini tidaklah benar. Mencuci wajah Anda sepanjang waktu akan menghapus kotoran dari kulit tetapi pada saat yang sama juga dapat menyebabkan kulit Anda kering. 

Ketika kulit menjadi kering, maka akan menyebabkan keriput dan garis-garis dini pada wajah Anda. Cucilah wajah Anda cukup dua kali sehari agar terhindar dari kerutan di wajah.

4. Gunakan tabir surya

Kerusakan akibat sinar matahari pada kulit menyebabkan kerutan. Untuk itu, cobalah untuk selalu memakai sun block atau tabir surya saat keluar ruangan. Tabir surya dengan SPF 20 atau lebih sangat ideal untuk kulit Anda. Juga, hindari terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

5. Hindari minuman beralkohol atau merokok

Merokok atau minum minuman beralkohol mempengaruhi kulit dan membuat kulit terlihat tua. Bahkan, merokok teratur dapat membuat kulit Anda terlihat lima tahun lebih tua. Hindari merokok dan minuman beralkohol untuk mencegah keriput dan garis-garis pada kulit. 

6. Ikuti siklus kulit

Buatlah kebiasaan untuk melembabkan kulit Anda setiap hari. Melembabkan kulit tidak hanya membantu untuk mencegah kekeringan tetapi juga membuat kulit Anda halus. Menggunakan pelembab secara teratur dapat mencegah tanda dan kerutan pada kulit. Juga, bersihkan dan scrub kulit Anda setidaknya seminggu sekali untuk mempertahankan cahaya alami wajah Anda.

7. Hindari stres

Stres juga dapat menyebabkan keriput dini pada kulit. Hindari segala bentuk stres agar Anda terbebas dari kerutan di wajah. Cobalah untuk menghilangkan stres dengan cara meditasi dan yoga. 

*Photo Courtesy: AntonioGuillem ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *