Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

by
manfaat mentimun
Mentimun tidak hanya mampu menghilangkan rasa dahaga, tetapi juga merupakan sumber potasium yang baik. Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan seperti vitamin B, A, C zea-xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa tersebut berguna untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan garis-garis halus pada kulit. 

Mentimun juga penuh dengan mineral esensial seperti magnesium, kalium dan silikon yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Jadi jika Anda ingin merasakan manfaat super dari mentimun, jangan lupa untuk menyertakan mentimun dalam menu makan Anda.

Di samping itu, mentimun merupakan sumber vitamin B serta dapat meningkatkan energi seseorang. Mentimun terdiri dari 95 persen air yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta menghilangkan racun dalam tubuh. 

Karena mentimun rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi, untuk itu mentimun merupakan makanan ringan yang ideal bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Mnegkonsumsi mentimun secara rutin juga dapat mengobati penyakit sembelit yang kronis.

Mentimun merupakan sumber silika yang dipercaya baik untuk kesehatan sendi.

Mentimun juga mengandung vitamin A , B dan C serta folat dan vitamin D yang dibutuhkan untuk menyehatkan kulit dan rambut. Selain itu, mentimun juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat.

Jus mentimun juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes karena mengandung hormon yang dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin.

Mentimun juga mengandung kadar tinggi vitamin C dan asam caffeic yang bila dikonsumsi dan diterapkan pada kulit dapat membantu mencegah keriput. Vitamin C yang ada dalam mentimun meningkatkan kolagen dan elastin yang dapat meremajakan kulit Anda, sedangkan asam caffeic melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

*Images courtesy: © Thinkstock photos/ Getty Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *