5 Alasan Kenapa Cokelat Baik untuk Kulit Anda

by
Manfaat cokelat


Siapa sih yang tidak suka cokelat? Yup, cokelat memang enak, lezat serta mampu memperbaiki mood kita. Namun, akan jadi masalah besar jika Anda takut gemuk karena kandungan kalori yang tinggi dalam cokelat.



Tahukan Anda bahwa cokelat yang biasa mengandung banyak gula dan kalori, sedangkan cokelat yang gelap (dark chocolate) mengandung lebih banyak kakao dan sedikit gula. Jadi pilihan terbaik ada di tangan Anda.


Selain rasanya yang lezat, cokelat yang gelap ternyata juga bagus untuk kulit. Cokelat mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu menutrisi kulit kita. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah 5 alasan mengapa cokelat baik untuk kesehatan kulit Anda.

1. Mengatasi kulit kering


Dark chocolate merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi, kalsium dan berbagai vitamin yaitu A, B1, C, D dan E, yang berguna dalam pembentukan agen pelembab yang bagus untuk kulit. 



Secangkir cokelat yang diminum setiap hari dapat membantu Anda melawan masalah kulit kering dan membuat kulit Anda tampak bersinar. Anda juga bisa membuat sendiri body scrub dari cokelat yaitu dengan menyampur minyak zaitun, gula merah, coklat bubuk dan vanili.


2. Memberikan perlindungan UV

Dark chocolate mengandung flavonols, yang telah terbukti secara klinis dapat membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari dan tanda-tanda kerusakan karena paparan sinar UV. Selain itu, cokelat gelap juga meningkatkan aliran darah sehingga baik untuk kesegaran kulit.

3. Mencegah keriput dan garis-garis halus

Keriput dan garis-garis halus terbentuk pada kulit akibat pecahnya kolagen yang terjadi akibat pelepasan hormon stres. Cokelat gelap dapat mengurangi stres karena mampu mencegah pelepasan kelebihan hormon stres, mencegah keriput dan garis-garis halus pada kulit.

4. Menyamarkan bekas jerawat


Dark chocolate juga membantu untuk meringankan peradangan kulit dan bekas jerawat. Untuk itu, cara yang terbaik adalah dengan menggunakannya sebagai scrub pada wajah Anda. Pertama, Anda harus membersihkan wajah Anda dengan pembersih pilihan Anda. Lalu, campur gula merah dan biji kakao. 



Gunakan sebagai masker selama kurang lebih 10 menit. Setelah Anda menyelesaikan scrubbing, pakailah pasta cokelat sebagai krim pijat dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.


5. Mengatasi bibir pecah-pecah


Produk lipstick kosmetik tertentu biasanya mengandung bubuk cokelat, minyak jojoba dan minyak sawit. Karena, cokelat memang terbukti mampu mengurangi bibir kering dan pecah-pecah.



*Photo Courtesy: brickrena ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *