5 Makanan agar Kulit Cantik Bersinar

by
makanan sehat
Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya berkontribusi besar terhadap kecantikan kulit Anda. Kurangnya makanan sehat bisa telihat dari kulit Anda. Berikut adalah 5 makanan yang harus Anda konsumsi untuk kulit tampak cantik dan bersih.

1. Makanan kaya vitamin A 

Salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh kulit Anda adalah vitamin A. Vitamin A banyak ditemui pada produk-produk susu rendah lemak, juga pada sayuran seperti kentang manis, wortel, labu, bayam, brokoli dan sejenisnya. 

Dengan tercukupinya vitamin A, tubuh Anda akan lebih produktif dalam pembentukan sel-sel kulit baru sehingga menjaga kulit Anda tetap lembut dan lentur. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki cukup vitamin A, kulit Anda akan menjadi bersisik dan kering. 

2 . Makanan kaya vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat yang penting untuk produksi kolagen. Semakin bertambahnya usia, kerutan di kulit Anda akan semakin bertambah. Banyak faktor yang dapat menguras vitamin C dari tubuh Anda, seperti merokok, stres atau terlalu banyak terkena sinar matahari. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk terus menjaga keseimbangan vitamin C pada tubuh Anda. Vitamin C dapat anda peroleh pada buah jeruk, lemon, jeruk nipis, stroberi, tomat, kentang, brokoli, pepaya, kismis hitam, kubis, kiwi, kacang polong dan kembang kol.

3. Makanan kaya zat besi

Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh, efeknya akan terlihat langsung pada kulit. Hal ini karena zat besi sangatlah penting untuk pembentukan hemoglobin. Beberapa sumber zat besi diantaranya adalah sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan .

4. Makanan kaya vitamin E 

Almond mengandung banyak vitamin E yang sangat baik untuk kulit Anda. Dengan segenggam almond setiap hari, anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Namun, berhati-hatilah dalam mengolahnya, karena nutrisinya bisa hilang ketika dipanaskan.

5. Makanan kaya serat

Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah untuk membuang racun yang merupakan penyebab utama sejumlah masalah kulit. Beberapa makanan yang kaya serat adalah kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal dan sejenisnya. 

Kulit Anda merupakan cerminan dari makanan Anda. Karenanya, berilah asupan nutrisi sehat untuk menjaga kulit Anda tetap bersinar.

Photo Courtesy: Vasiliisa ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *