10 Alasan dan Penyebab Sakit Kepala

by
penyebab sakit kepala
Sakit kepala yang tiba-tiba datang terkadang dapat mengganggu produktivitas kerja kita. Sebab, saat sakit kepala kita tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Yang bisa kita lakukan adalah duduk diam dan menahan rasa sakit di kepala. 

Tahukah Anda ternyata ada banyak alasan mengapa kita mengalami sakit kepala. Sebagian besar alasan tersebut dipicu oleh kebiasaan kita sendiri. Misalnya, sering begadang dan kebisaan merokok. Nah, mau tahu apa sajakah hal-hal yang dapat memicu sakit kepala? Berikut ulasannya.

Alasan, Penyebab dan Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

1. Kurang tidur

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak atau begadang di malam hari, Anda akan beresiko mengalami sakit kepala keesokan harinya. Bahkan, rasa sakit di kepala Anda dapat berlangsung secara terus-menerus dan mungkin Anda akan merasakannya sepanjang hari Anda, kecuali jika Anda tidur siang yang cukup.

2. Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi juga dapat memicu timbulnya sakit kepala. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda terlebih lagi jika Anda melakukan aktivitas berat. Dengan begitu, tubuh Anda akan terasa segar dan terhindar dari sakit kepala.

3. Stres

Stres juga dapat menjadi pemicu utama datangnya sakit kepala. Ketika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berpikir keras, Anda akan berpotensi terkena sakit kepala. Solusinya, cobalah merefresh pikiran Anda disela-sela pekerjaan dengan jalan-jalan atau mencari hiburan.

4. Terlalu lama di depan komputer

Terlalu lama di depan komputer tidak hanya beresiko merusak mata Anda, tetapi juga membuat Anda mengalami sakit kepala ringan. Untuk itu, cobalah memberikan jeda istirahat pada tubuh Anda saat mengerjakan tugas di depan komputer. 

5. Perubahan cuaca ekstrim

Perubahan suhu atau cuaca yang ekstrim juga dapat memicu timbulnya sakit kepala. Sebab, suhu tubuh kita akan menyesuaikan suhu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, waspadai penyakit akibat perubahan suhu ektsrim dengan pola makan yang seimbang dan olahraga teratur agar tubuh kita kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

6. Kondisi medis

Kondisi medis tertentu seperti masalah dengan penglihatan atau tumor juga dapat memicu sakit kepala hebat. Ketika Anda sering merasakan sakit kepala yang konstan dan tidak segera sembuh meskipun Anda sudah minum obat, segeralah pergi ke dokter.

7. Aroma yang kuat

Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak orang yang alergi terhadap bau atau aroma yang kuat. Nah, jika Anda berada di ruang sempit dengan seseorang yang memakai parfum yang menyengat, Anda juga berpotensi terserang sakit kepala.

8. Aksesoris kepala

Hindari penggunaan aksesoris kepala yang berlebihan sebab hal itu dapat memicu timbulnya sakit kepala. Sebagai contoh, terlalu kuat mengikat rambut, memakai topi atau peci yang ketat, atau menggunakan helm terlalu lama.

9. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan tidak hanya membuat perut Anda mulas, tetapi juga dapat membuat Anda sakit kepala. Untuk mengatasinya, segera atasi gangguan pencernaan Anda serta istirahatlah yang cukup.

10. Merokok

Selain dapat membunuh Anda secara perlahan-lahan, merokok juga dapat memicu sakit kepala. Sakit kepala tidak hanya karena merokok tetapi juga karena menghirup asap rokok.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa alasan penyebab sakit kepala. Sebetulnya, kebanyakan sakit kepala disebabkan oleh gaya hidup Anda yang kurang sehat. Namun, jika Anda merasakan sakit kepala yang terus-menerus, ada baiknya Anda harus segera memeriksa diri Anda ke dokter karena bisa jadi itu merupakan gejala dari beberapa penyakit serius. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Wavelightmedia ©crestock.com

Informasi Kesehatan:

  • lama menggunakan peci sakit kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *