10 Manfaat Menakjubkan Minyak Zaitun untuk Kesehatan

by
manfaat minyak zaitun
Manfaat Minyak Zaitun – Minyak zaitun sering dikenal sebagai minyak yang sehat dan serbaguna. Selain itu, minyak zaitun biasanya digunakan sebagi campuran dalam berbagai produk perawatan tubuh. Adapun beberapa manfaat minyak zaitun diantaranya berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat dan menumbuhkan rambut secara cepat. Bahkan, minyak zaitun diyakini juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit diabetes.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mendengar tentang beragam manfaat dari minyak yang berasal dari wilayah Mediterania ini. Namun, barangkali Anda masih kurang yakin apa saja manfaat tersebut. Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan mengulas lebih lanjut khasiat yang terkandung dalam minyak zaitun. 

10 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang berperan baik dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Alhasil, dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, hal itu berarti melindungi terhadap berbagai penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga berguna untuk mencegah penyumbatan di arteri dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Menurunkan resiko kanker

Minyak zaitun terbukti kaya akan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan. Adapun sifat dari antioksidan adalah sebagai anti-inflamasi atau peradangan. Oleh sebab itu, minyak zaitun mampu mengurangi resiko stres oksidatif dan peradangan kronis dalam sel. Bahkan, sebuah studi mengatakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko kanker payudara, kanker saluran pernapasan dan saluran pencernaan.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang mengontrol tingkat insulin dalam tubuh. Dengan tingkat insulin yang seimbang, gula darah dalam tubuh Anda akan terkendali sehingga resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 akan menurun.

4. Memiliki sifat anti-inflamasi

Seperti disebutkan sebelumnya, minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi agar membran sel tetap terlumasi sehingga mampu mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh serta membuang racun. Di sisi lain, minyak zaitun juga membantu untuk mengurangi risiko arthritis dan asma.

5. Membantu untuk mengurangi lemak tubuh

Minyak zaitun memang mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal, tetapi minyak ini tidak mengandung lemak jenuh yang dikenal sebagai lemak yang tidak sehat bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, dengan mengganti minyak biasa dengan minyak zaitun, secara tidak langsung Anda juga mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh Anda.

6. Menguatkan tulang

Minyak zaitun juga mengandung sejumlah besar oleates yang berfungsi untuk memperbaiki kalsifikasi dan mineralisasi tulang. Maka dari itu, minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh masalah tulang seperti osteoporosis.

7. Meningkatkan kemampuan kognitif

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mendorong perkembangan otak. Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang menggunakan atau mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur cenderung memiliki resiko lebih rendah terkena demensia atau kepikunan.

8. Memperbaiki pencernaan

Selain dikenal mampu untuk menyembuhkan bisul, sembelit dan infeksi di saluran pencernaan, sifat anti-inflamasi pada minyak zaitun juga bermanfaat dalam menyembuhkan masalah kandung empedu dan infeksi saluran kemih.

9. Menunda penuaan dini

Minyak zaitun kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan K. selain itu, minyak ini juga mengandung polifenol yang berfungsi untuk menunda proses penuaan pada kulit. Sebab, asam lemak minyak zaitun membuat arteri kenyal serta membuat kulit tampak bersinar.

10. Meningkatkan imunitas

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan mendorong penyembuhan jaringan. Alhasil, mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dipercaya memiliki daya kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Nah, para pembaca sekalian, itu tadi beberapa manfaat luar biasa yang ada pada minyak zaitun. Meskipun harganya lebih tinggi ketimbang harga minyak biasa, hal itu rasanya sangat sepadan dengan manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: sxc.hu : pawel_231

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *