5 Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

by
makanan untuk menurunkan kolesterol
Makanan untuk Menurunkan Kolesterol – Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dianggap bertanggung jawab atas sebagian besar masalah kesehatan. Kadar kolesterol yang tinggi telah menjadi salah satu masalah yang paling serius di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Dengan kebiasaan makanan yang tidak sehat serta kurangnya intensitas berolahraga, kadar kolesterol tinggi semakin tidak terelakkan. Bahkan, kolesterol menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya angka kematian di dunia.

Memahami Karakter Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi di hati atau usus. Kemudian, kolesterol diangkut melalui plasma darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, kolesterol sebenarnya juga bermanfaat bagi tubuh kita. Meskipun kolesterol dianggap penting bagi tubuh, sayangnya kadar kolesterol tinggi menyebabkan munculnya berbagai penyakit, terutama penyakit jantung. 

Di samping itu, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh bukanlah perkara mudah. Untuk itu, Anda dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang sehat serta olahraga secara teratur. Nah, agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga, Anda perlu mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung lemak tinggi. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. 

Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

1. Oats dan biji-bijian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa oats merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, mengkonsumsi biji-bijian dan gandum juga sangat disarankan.

2. Sayuran hijau

Lobak, bawang merah, bawang putih, mentimun, jamur, daun prei, dan cabai adalah beberapa jenis sayuran yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain sayuran di atas, sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam juga berkontribusi terhadap menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

3. Minyak essensial, alpukat dan zaitun

Alpukat, minyak essensial dan minyak zaitun ternyata dapat melindungi tubuh kita terhadap penyakit jantung serta meningkatkan jumlah kolesterol baik. Hazelnut, almond, dan minyak wijen adalah sebagian makanan yang berguna untuk mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

4. Cokelat

Nah, ini dia kabar baik bagi Anda pecinta cokelat sejati. Tahukah Anda bahwa dark chocolate mempunyai banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah dark chocolate secara mentah tanpa pemanis tambahan.

5. Buah-buahan dan kacang-kacangan

Setiap diet yang sehat terasa tidak lengkap tanpa adanya buah-buahan dan kacang-kacangan. Pastikan diet Anda juga mengandung buah-buahan yang menyehatkan seperti jeruk, strawberri, apel, delima, dll. Sedangkan jenis kacang-kacangan yang dianjurkan adalah hazelnut, almond dan kenari.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Memiliki pola makan yang seimbang, istirahat yang cukup serta olahraga teratur adalah kunci utama agar kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: sxc.hu: blackcat79

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *