5 Manfaat Ajaib Wortel bagi Kesehatan

by
manfaat dan khasiat wortel
Manfaat Wortel – Wortel merupakan tumbuhan yang kaya akan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun nutrisi yang terkandung dalam wortel diantaranya beta-karoten, kalium, mineral, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan antioksidan. Selain itu, cara memakannya pun terbilang cukup mudah. Anda bisa membuat beragam olahan makanan dengan bahan dasar wortel, seperti jus wortel, sup wortel, acar, bahkan bisa juga dimakan mentah.

Pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan mengulas beberapa manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Wortel untuk Kesehatan

1. Meningkatkan penglihatan

Tak dapat dipungkiri kalau wortel memang makanan yang baik untuk kesehatan mata. Pasalnya, wortel merupakan sumber beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A oleh hati. Vitamin A bertanggung jawab untuk menjaga mata agar tetap sehat dan normal. Dengan kata lain, wortel sangat bagus dalam memperbaiki penglihatan.

2. Mengontrol diabetes

Karotenoid adalah senyawa kimia organik yang cukup efektif dalam mengatur kadar gula darah. Wortel merupakan salah satu sumber dari karotenoid, pada gilirannya, memainkan peran penting dalam mengendalikan dan mencegah diabetes.

3. Mencegah penyakit jantung

Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi wortel setiap hari berguna untuk menjaga tingkat kolesterol tetap terkontrol dan seimbang. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit jantung, memenuhi asupan wortel secara rutin adalah pilihan yang tepat. Bahkan, wortel biasanya sangat disarankan bagi mereka yang pernah mengalami stroke atau menderita penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah kanker

Beta-karoten yang terdapat dalam wortel bermanfaat dalam mencegah paru-paru dan kanker usus besar. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa wanita yang makan wortel secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker payudara.

5. Mengurangi resiko degenerasi makula

Degenerasi makula adalah kondisi menurunnya penglihatan yang disebabkan oleh faktor usia. Kondisi ini umumnya dialami oleh lansia. Seperti yang disebutkan sebelumnya, wortel memang dikenal untuk meningkatkan penglihatan. Dengan kata lain, wortel juga membantu dalam mengurangi resiko degenerasi makula.

Nah, para pembaca setia Mag For Beauty, itu tadi beberapa manfaat luar biasa wortel bagi kesehatan, khususnya untuk penglihatan. Selain memiliki sejumlah serat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, wortel juga merupakan makanan yang terbukti non-kolesterol. Dengan membaca ulasan singkat di atas, kami berharap Anda akan semakin gemar mengkonsumsi wortel setiap hari sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

Photo Courtesy: sxc.hu: leocub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *