5 Manfaat Kuwaci bagi Kesehatan

by
manfaat kuwaci
Banyak orang tidak menyadari tentang manfaat biji bunga matahari atau kuwaci bagi kesehatan. Selain karena dianggap sebagai camilan yang sehat, kuwaci juga mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi secara optimal. 

Jadi, jika Anda ingin tetap sehat, fit dan memiliki kulit bersinar, ada baiknya Anda mengkonsumsi kuwaci sebagai camilan Anda di saat menonton TV atau sambil membaca buku. Seperti dilansir situs healthmeup, berikut beberapa manfaat biji bunga matahari atau kuwaci bagi kesehatan

1. Anti-inflamasi

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E berperan dalam melawan radikal bebas yang merusak membran sel, sel-sel otak dan kolesterol. Vitamin E juga dapat mencegah asma, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

2. Menyehatkan kulit

Seperti dikatakan sebelumnya, kuwaci mengandung vitamin E yang juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, memperlambat proses penuaan serta menghaluskan kulit Anda. Jadi, mulailah untuk mengganti menu camilan Anda dengan kuwaci.

3. Melawan kanker

Biji bunga matahari juga merupakan sumber selenium. Penelitian menunjukkan bahwa selenium dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah proliferasi sel kanker. Sekitar seperempat cangkir biji bunga matahari dapat mengurangi risiko kanker prostat, kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Luar biasa bukan?

4. Menguatkan tulang

Biji bunga matahari atau kuwaci sangat kaya akan magnesium dan kalsium yang merupakan mineral tulang yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam biji bunga matahari sangat penting untuk fungsi enzim yang terlibat dalam silang kolagen dan elastin. 

Kolagen dan elastin berguna untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang membantu meringankan rasa sakit rematik.

5. Mencegah penyakit jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, biji bunga matahari mengandung banyak vitamin E yang memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E juga mampu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Bahkan, lebih dari sembilan puluh persen kebutuhan vitamin E harian kita bisa terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi seperempat cangkir biji bunga matahari. Wow!

*Images courtesy: © Thinkstock photos/ Getty Images

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *