6 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

by
mencegah jerawat
Hampir setiap orang pernah mengalami masalah dengan jerawat. Jerawat juga tidak mengenal batasan usia dan dapat muncul di beberapa bagian tubuh kita seperti punggung, daun telinga atau wajah. Namun, jerawat yang muncul di wajah akan membuat kita kurang percaya diri atau bahkan minder.

Biasanya kita akan memencet jerawat untuk menghilangkannya. Padahal, memencet jerawat akan menimbulkan bekas luka di wajah Anda. Jerawat yang muncul pada usia remaja memang lumrah terjadi karena adanya pengaruh hormon pertumbuhan.

Nah, berikut kami sajikan beberapa cara mencegah timbulnya jerawat untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit Anda akibat timbulnya jerawat. 

1. Menjaga kebersihan wajah

Penting bagi Anda untuk mencuci wajah agar tetap bersih. Dengan polutan di udara dan make up yang Anda kenakan, pori-pori di wajah Anda akan tersumbat. Hal itu dapat menimbulkan jerawat. Cucilah wajah Anda secara menyeluruh dua kali sehari dengan menggunakan sabun khusus wajah.

2. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak dapat memperburuk masalah jerawat Anda. Cobalah untuk menghindari makanan gorengan dan makanan lain yang dapat memperparah kondisi jerawat Anda.

3. Gunakan pelembab

Karena produk anti jerawat biasanya membuat kulit Anda kering, Anda perlu menggunakan pelembab untuk mengatasinya. Oleskan pelembab dengan krim jerawat sehingga Anda tidak merasa gatal setelah menerapkan krim. Kulit kering juga menyebabkan gatal-gatal dan ketika Anda menggaruk jerawat Anda, itu akan meninggalkan bekas luka.

4. Gunakan krim anti jerawat yang tepat

Ada beberapa produk anti jerawat dapat dibeli tanpa resep. Produk-produk ini membersihkan kulit Anda dari minyak yang berlebihan dan juga melawan bakteri. Berhati-hatilah dalam memilih krim anti jerawat karena dapat menyebabkan kerusakan jika kulit Anda terlalu sensitif.

5. Hindari make up yang berlebihan

Biasanya kita akan menggunakan make up yang tebal untuk menutupi jerawat kita. Padahal, cara tersebut kurang tepat karena dapat menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, kandungan kimia dalam make up dapat memperburuk masalah jerawat Anda. Bahkan, jerawat Anda bisa semakin banyak. Oleh karena itu, gunakan make up sewajarnya saja.

6. Kurangi menyentuh wajah dengan tangan

Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan juga bisa menimbulkan jerawat. Sebab tangan kita sering digunakan untuk menyentuh benda-benda lain yang bisa jadi mengandung banyak bakteri pemicu jerawat.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Jika Anda sudah mencoba cara di atas namun jerawat tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Photo Courtesy: citalliance ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *