6 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat

by
tips sehat dan panjang umur
Memiliki umur panjang dengan memiliki sedikit masalah dalam hidup merupakan impian hampir setiap orang. Namun, manusia tak akan pernah lepas dari masalah. Masalah-masalah tersebut bisa saja dalam hal finansial, emosional, dan bisa juga tentang hubungan asmara dengan pasangan hidupnya. 

Tapi, tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang akan lebih mengutamakan kesehatan mereka di atas segala hal. Seseorang akan melakukan apapun untuk bisa panjang umur dan tetap sehat hingga tua. Berikut adalah beberapa tips agar bisa panjang umur serta tetap sehat dan kuat.

1. Diet seimbang

Diet yang seimbang adalah hal sederhana yang cukup penting bagi hidup Anda. Diet seimbang tidak hanya akan membuat tubuh Anda sehat dan kuat, tapi juga akan menguatkan sistem imun Anda untuk mencegah timbulnya penyakit. Semakin sedikit penyakit dalam tubuh, semakin kuat tubuh Anda.

2. Istirahat cukup

Selain pola makan yang sehat, istirahat yang cukup juga tak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Istirahat yang dimaksudkan di sini bukan hanya istirahat secara fisik, tetapi juga pikiran. Anda juga dapat mengikuti beberapa teknik relaksasi yang sesuai dengan waktu luang Anda.

3. Hindari stres

Menghindari stres memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan stres tidak hanya berasal dari dalam, tapi sebagian besar disebabkan oleh faktor-faktor eksternal yang tak mampu Anda kontrol sepenuhnya. 

Anda tak akan mampu mengubah hidup orang lain dan membuatnya sepenuhnya seperti apa yang Anda inginkan. Yang mampu Anda lakukan hanyalah menerimanya dan jangan mudah stres dengan beberapa hal yang mengganggu Anda.

4. Olahraga teratur

Kebiasaan olahraga teratur mampu menguatkan tubuh Anda. Kekebalan tubuh Anda pun akan terjaga. Kepadatan tulang yang lebih kuat serta massa otot yang baik menjadi jaminan kesehatan Anda di masa tua. Kombinasi yoga, jalan santai, dan olahraga akan membantu Anda hidup lebih lama dan lebih kuat.

5. Suplemen

Bagi Anda yang memiliki beberapa alasan sehingga tidak mampu mengkonsumsi makanan seimbang atau olahraga yang cukup dapat disiasati dengan mengkonsumsi suplemen yang kurang lebih sama dengan makanan seimbang. 

Namun, Anda harus menyadari bahwa suplemen bukanlah makanan. Jadi konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

6. Katakan tidak pada alkohol dan rokok

Mengkonsumsi alkohol, tembakau dan narkoba dapat mengacaukan sistem dalam tubuh Anda. Efek buruk yang ditimbulkan pun tidak begitu saja hilang setelah Anda berhenti mengkonsumsinya. 

Jadi bagi Anda yang belum terjerumus ke dalamnya, lebih baik jangan pernah mencobanya, dan bagi Anda yang telah terlanjur mengalaminya, mulailah sedikit demi sedikit untuk berhenti.

Photo Courtesy: pressmaster ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *