Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan secara Alami

by
cara menurunkan berat badan
Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian bagi setiap orang. Namun ada sebagian orang mempunyai masalah dengan berat badan mereka. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab mengapa berat badan kita tidak ideal, seperti factor keturunan, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak seimbang, gangguan endoktrin, obat-obatan, dan lain sebagainya. 


Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara menurunkan berat badan dengan menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu kenaikan berat badan Anda. Jika Anda sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan, alangkah baiknya Anda menghindari makanan berikut ini. Dengan menerapkan diet yang tepat, Anda akan dengan mudah dan cepat bisa menurunkan berat badan.

7 Makanan yang Perlu Anda Hindari Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

1. Kopi

Kopi memang dapat dijadikan teman di kala sedang mengerjakan tugas atau lembur. Selain itu kopi juga berguna untuk meningkatkan daya konsentrasi otak Anda. Namun tahukah Anda bahwa ketika Anda minum kopi, Anda akan merasa cepat lapar dan akhirnya Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Alhasil, tubuh Anda akan kelebihan kalori sehingga akan ditimbun menjadi lemak oleh tubuh. Oleh karena itu, batasi konsumsi kopi harian Anda, jika perlu ganti dengan jenis minuman sehat lain, seperti teh hijau yang dapat membantu membakar kalori secara alami.

2. Gorengan

Anda mungkin sudah tahu bahwa makanan yang digoreng sangat tidak disarankan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Maka dari itu, cara terbaik untuk diet adalah menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, seperti pisang goreng, keripik, nasi goreng, dan lain-lain.

3. Jus buah dalam kaleng

Anda mungkin berpikir bahwa jus buah dalam kemasan baik untuk kesehatan, namun faktanya justru sebaliknya. Cara dalam memproses jus buah-buahan tersebut ternyata menurunkan nilai gizi yang terkandung. Selain itu, jus buah dalam kaleng biasanya mengandung banyak gula tambahan. Gula tambahan tersebut tentunya memiliki kalori yang tinggi sehingga tidak baik bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

4. Junk food

Junk food mungkin tampak sangat menggoda dan lezat. Namun kenyataannya makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan. Sama seperti makanan olahan, junk food bersifat adiktif dan mungkin Anda akan kesulitan untuk berhenti mengkonsumsi makanan tersebut. Hamburger, kentang goreng, pizza, pasta, dan beberapa jenis junk food lainnya mengandung banyak gula dan garam yang tidak baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, ganti makanan tersebut dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.

5. Minuman bersoda

Soda adalah sumber kalori yang tinggi. Minuman bersoda setidaknya mengandung kalori sebanyak 250. Maka dari itu, segeralah berhenti mengkonsumsi minuman bersoda jika Anda ingin menurunkan berat badan.

6. Roti tawar

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, hindari mengkonsumsi roti tawar. Namun Anda dapat menggantinya dengan roti gandum cokelat yang lebih aman bagi keseimbangan kebutuhan kalori Anda.

7. Alkohol

Alkohol berfungsi sebagai katalis dalam menaikkan berat badan. Karena alcohol bersifat memperlambat metabolisme tubuh hingga 73%. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka metabolisme Anda harus bekerja secara cepat dalam mencerna makanan. Dengan demikian, agar metabolisme tubuh Anda bekerja dengan cepat, hindarilah mengkonsumsi alkohol.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa makanan yang patut Anda hindari saat menurunkan berat badan. Selain mengatur pola makan yang tepat dan seimbang, Anda juga harus berolahraga secara rutin agar pembakaran kalori tubuh Anda berjalan maksimal. Dan bukan hal yang mustahil, berat badan Anda akan ideal seperti yang Anda harapkan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba menurunkan berat badan Anda!

Photo Courtesy: Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *