Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

by
menurunkan berat badan
Masa kehamilan dan melahirkan tentu akan mengubah tubuh Anda secara drastis. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa berat badan Anda meningkat saat hamil bahkan setelah melahirkan. Namun, ternyata hal tersebut sangatlah wajar dan normal. Anda tak perlu khawatir, karena dengan melakukan penyesuaian pola makan dan beberapa jenis latihan, tubuh Anda akan kembali ke bentuk semula. Nah, kali ini, Mag For Beauty akan membahas tentang beberapa tips mudah untuk menurukan berat badan pasca melahirkan.

Tips Mudah Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

1. Menyusui dapat mengurangi kalori ekstra

Selain penting bagi kebutuhan nutrisi bagi si bayi, memberikan ASI eksklusif ternyata dapat mengurangi kalori bagi sang ibu. Studi telah membuktikan bahwa menyusui dapat membantu Anda mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti sebelum masa kehamilan. Selain itu, proses menyusui membantu dalam membakar sekitar 400-500 kalori per hari dan membantu dalam penurunan berat badan secara cepat. 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Bila Anda menyusui, Anda akan merasa haus. Oleh karena itu, Anda harus minum banyak air untuk menjaga cairan tubuh Anda tetap tercukupi. Asupan air juga akan menjaga kulit Anda tetap muda serta mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Selain itu, meminum air putih secara berkala akan membantu untuk mencegah penimbunan lemak dalam tubuh. 

3. Olahraga pasca melahirkan

Salah satu cara yang tepat untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengikuti kelas latihan pasca melahirkan. Di sana, Anda akan diperkenalkan berbagai jenis gerakan untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda juga bisa melakukan latihan secara mandiri untuk meningkatkan stamina dan mood Anda seperti berlari atau jogging. 

Selain itu, latihan kardiovaskular juga akan meningkatkan denyut jantung Anda dan akan membantu membakar lemak Anda dengan cepat. Jika Anda telah menjalani operasi caesar, konsultasikan dengan dokter Anda kapan waktu yang tepat untuk bisa berolahraga.

4. Makan makanan yang seimbang

Apa yang Anda makan sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda, khususnya setelah melahirkan. Untuk menurunkan berat badan, hindarilah makanan berlemak, pedas dan tinggi kalori. Tingkatkan asupan sayuran segar dan buah-buahan pada menu makan Anda, termasuk dengan mengkombinasikan dengan makanan yang mengandung banyak vitamin, protein dan mineral. Juga, penuhi asupan daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak serta sayuran hijau.

5. Tidur yang nyenyak 

Karena bayi dapat bangun sepanjang malam, mungkin akan sangat sulit bagi sang ibu untuk mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas. Tapi, Anda dapat menggantinya dengan istirahat yang cukup di siang hari. Sebab jika Anda tidak beristirahat dan kurang tidur selama berhari-hari, Anda akan kesulitan untuk menurunkan berat badan. 

Ketika Anda stres, tubuh melepaskan hormon kortisol bersama dengan hormon-hormon stres lainnya yang bisa memicu penambahan berat badan. Jadi, jika Anda mendambakan tubuh yang ideal, tidurlah dengan cukup dan berkualitas.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara menurunkan berat badan bagi para ibu setelah melahirkan. Mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bukanlah perkara yang sulit jika Anda benar-benar bekerja keras dan sungguh-sungguh melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: 4774344sean ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *