Cara Mudah untuk Merawat Kulit Wajah Berminyak

by
cara merawat kuli berminyak
Jika kulit Anda berminyak, hal itu dikarenakan kelenjar minyak yang ada di kulit Anda sangat aktif sehingga mampu memproduksi minyak secara berlebih. Alhasil, pori-pori kulit akan tersumbat serta dapat memicu munculnya masalah kulit seperti jerawat, komedo dan bintik-bintik pada wajah. 

Nah, untuk itu Anda harus tahu penyebab mengapa kulit Anda berminyak. Dalam artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan berbagai penyebab kulit berminyak dan cara mengatasinya secara alami. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara merawat kulit berminyak yang tepat agar Anda terhindar dari jerawat dan komedo.

Cara Efektif untuk Merawat Kulit Berminyak 

1. Hindari menggosok / scrubbing

Terlalu sering scrubbing ternyata tidak baik bagi kulit Anda terutama untuk kulit berminyak. Selain tiu, scrubbing juga bisa menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi jerawat Anda.

2. Gunakan pelembab

Hal ini mungkin terdengar aneh. Namun tahukah Anda jika kulit berminyak juga bisa menjadi kering sehingga membutuhkan pelembab juga. Bahkan, jika kulit berminyak menjadi kering akan menyebabkan produksi minyak tambahan.

3. Hindari terlalu sering mencuci

Cuci wajah Anda dua kali sehari sudah cukup untuk menyingkirkan minyak membangun dan kotoran . Jika Anda mencuci lebih dari itu , bisa merangsang produksi minyak ekstra . Selain itu, hindari menggunakan air dingin dan memilih untuk air hangat untuk mencuci wajah Anda .

4. Pola makan

Apa yang Anda makan juga berdampak langsung pada kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin B5 dan B2, sayuran hijau, serta buah segar. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda untuk mengeluarkan racun.

5. Mencuci wajah

Salah satu cara untuk menjaga atau merawat kulit berminyak adalah dengan membersihkannya secara teratur. Anda dapat melakukannya cukup dua kali sehari untuk menyingkirkan kelebihan minyak dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit Anda. 

6. Gunakan tabir surya

Jika Anda ingin melindungi kulit berminyak Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, pastikan juga tabir surya tersebut tidak mengandung pelembab di dalamnya.

7. Asam salisilat

Asam salisilat mampu mengelupas folikel dan kelenjar yang memproduksi minyak. Bahkan, asam salisilat juga dapat mengurangi jumlah minyak yang disekresikan oleh kulit. Jadi, ketika Anda memilih sabun atau krim pembersih muka, pilihlah produk yang mengandung bahan ini.

8. Make up dan foundation

Hindarilah menggunakan makeup berlebihan agar kulit Anda terbebas dari jerawat. Sebab, makeup dan foundation akan meningkatkan penyumbatan pori-pori yang membuat kulit Anda akan lebih rentan terhadap jerawat.

Nah, itu tadi pembahasan tentang tips atau cara merawat kulit berminyak. Dengan mengetahui penyebab dan perawatan yang tepat, kulit wajah Anda yang cenderung berminyak akan terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Semoga bermanfaat!

Photo Courtesy: *razee*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *