Cara Tepat Memilih Sunblock Untuk Kulit

by
tips memilih sunblock
Agar kulit terlindung dari bahaya sinar ultraviolet pada matahari, Anda sangat disarankan menggunakan lotion sunblock yang mengandung SPF. Sunburn Factor Protection atau yang biasa disebut SPF mempunyai jenis yang beragam. SPF berkisar mulai dari 15, 30, 45, 60, 90 atau bahkan lebih.

Sunblock atau tabir surya yang mengandung SPF berguna untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kemerahan. SPF 15 dapat melindungi terhadap 92% dari paparan sinar UV. Tahukah Anda bahwa sebenarnya fungsi tabir surya bukan untuk menghentikan pengaruh sinar matahari pada kulit Anda, namun hanya sebatas menunda agar kulit Anda tidak cepat terbakar. Hal itu dipengaruhi oleh jumlah SPF yang digunakan, intensitas atau durasi sinar matahari, serta jenis kulit Anda.

Kenyataannya, tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Oleh karena itu, penggunaan SPF pun juga berbeda. Nah, mau tahu cara memilih sunblock dengan SPF yang benar? Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk memilih SPF yang tepat pada sunblock.

Tips Memilih Sunblock dengan SPF yang Tepat

1. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit

Sebelum Anda memilih dan menggunakan produk sunblock, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui SPF yang sesuai dengan jenis kulit Anda serta produk apa yang harus Anda gunakan. Sebab, kulit Anda mungkin alergi terhadap beberapa bahan yang terkandung dalam tabir surya.

2 . Pilihlah tabir surya berdasarkan jenis kulit Anda

Jika kulit Anda benar-benar sensitif, gunakan tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi. Nah, jika Anda memiliki kulit pucat, Anda mungkin harus memilih tabir surya di kisaran 45-60.

3. Memilih Sunblock berdasarkan berapa lama kulit Anda terkena sinar matahari

Jika Anda sedang berada di pantai dalam waktu yang lama, maka alangkah baiknya jika Anda memilih tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi dan menerapkannya sesering mungkin. Jika cuaca benar-benar panas dan Anda sedang mengenakan bikini, Anda harus menerapkannya setidaknya setiap dua puluh menit sekali untuk menghindari kulit terbakar karena paparan sinar matahari.

4. Pilihlah tabir surya berdasarkan ketinggian Anda berada

Jenis SPF juga tergantung pada seberapa tinggi Anda berada. Sinar matahari dapat mempengaruhi kulit Anda berdasarkan dimana tempat Anda berada, seperti di pantai, gunung atau di salju. Pilihlah tabir surya dengan SPF yang sesuai tergantung pada bagaimana dan seberapa tinggi intensitas sinar matahari.

Nah, demikian ulasan tentang cara memilih sunblock atau tabir surya yang tepat. Perlu diketahui bahwa warna kulit tidak berpengaruh terhadap jumlah SPF pada sunblock yang Anda gunakan. Karena, tabir surya dengan SPF 15 hanyan mampu melindungi kulit Anda sekitar 92%. 

Selain itu, tidak ada tabir surya menawarkan perlindungan 100% terhadap sengatan matahari, SPF yang tinggi sekalipun tidak menjamin kulit Anda terlindung dari bahaya sinar matahari. Hal yang bisa Anda lakukan adalah terapkan tabir surya secara berkala sesuai yang dianjurkan serta pakailah alat pelindung ketika Anda terkena sinar matahari dalam waktu yang lama agar kulit Anda tetap sehat.

Photo Courtesy: haveseen ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *