Cara Efektif dan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

by
cara mengecilkan perut buncit
Apakah Anda mempunyai perut yang buncit? Jika iya, ada baiknya Anda segera mengatasinya. Mengapa? Karena selain dapat mengurangi rasa percaya diri Anda, perut yang buncit juga bisa dijadikan indikator untuk beberapa penyakit yang dapat berpotensi Anda derita, seperti diabetes, darah tinggi, dan kolesterol. 

Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan membahas beberapa tips efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, obesitas merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai jenis penyakit di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, masyarakat dunia kini juga mulai sadar tentang menjaga pola makan baik serta menghindari obesitas. Mereka akan berusaha mati-matian melakukan segala cara agar terhindar dari yang namanya obesitas.

Bahkan di Indonesia sendiri, saat ini pemerintah juga sedang gencar-gencarnya menggalakkan gerakan anti obesitas. Gerakan ini dimaksudkan untuk menjaga berat badan kita tetap ideal. Sebagai contoh, para personel kepolisian yang kedapatan memiliki perut buncit diwajibkan mengikuti program khusus untuk menurunkan berat badan. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja para personel kepolisian dalam melayani masyarakat. Nah, langsung saja berikut kami sajikan beberapa tips atau cara mengecilkan perut yang buncit. 

Tips Mengecilkan Perut yang Buncit secara Mudah

1. Lakukan olahraga yang tepat

Tahukah Anda bahwa melakukan sit-up sepanjang hari ternyata tidak akan membakar lemak perut Anda. Cara tersebut terbilang kurang efektif dan hanya membuang-buang waktu Anda. Sit-up hanya berfungsi untuk mengencangkan otot-otot perut Anda. Untuk mengurangi lemak di perut, Anda harus melakukan banyak latihan kardiovaskular, di antaranya skipping, berlari, jumping jack, plank dan beberapa latihan perut lainnya.

2. Jangan melewatkan makan

Banyak orang berpikir bahwa jika mereka melewatkan makan, mereka tidak akan menambahkan lebih banyak lemak tubuh sehingga lemak di perut akhirnya akan berkurang. Padahal, cara ini sangatlah tidak tepat. Bila Anda melewatkan waktu makan Anda, tingkat kortisol dalam tubuh Anda akan meningkat lalu disimpan sebagai lemak di daerah perut Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan kalori harian Anda. 

Namun satu hal yang perlu diingat, pahami juga kebutuhan kalori harian Anda. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kalori tapi tidak diimbangi aktivitas fisik yang cukup, kalori tersebut akan ditimbun dalam bentuk lemak di tubuh Anda. 

3. Hindari makanan manis

Jika Anda memiliki perut berlemak, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang manis, seperti permen dan gula. Makanan yang manis dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda dan jika kuantitasnya berlebihan, maka akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Namun, apabila Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan yang manis, cobalah dengan menggantinya dengan gula rendah kalori yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.

4. Penuhi asupan vitamin C

Vitamin C dapat dijumpai pada hampir semuan jenis buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, mangga, brokoli, paprika dan lain sebagainya. Asupan vitamin C yang banyak akan menjaga kadar kortisol dalam tubuh Anda dan juga memproduksi karnitin, yang berguna untuk mengubah lemak tubuh menjadi energi.

5. Tidur nyenyak

Kebanyakan orang cenderung mengabaikan kualitas tidur mereka terlebih lagi saat jadwal kerja mereka sangat padat. Padahal, tidur yang cukup akan meningkatkan produktivitas kerja kita. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tidur adalah salah satu aktivitas yang paling penting bagi kelangsungan hidup manusia agar tetap sehat. 

Oleh sebab itu, setiap orang harus memiliki setidaknya tujuh jam tidur setiap harinya. Jika Anda mengorbankan jam tidur Anda, maka hal itu akan menyebabkan kenaikan berat badan serta meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan jantung.

Demikian ulasan tentang cara mengecilkan perut yang buncit secara mudah dan efektif. Dengan melakukan olahraga yang tepat yang disertai pola makan yang seimbang, niscaya Anda akan memiliki tubuh yang ideal dan bebas dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: jorgophotography ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *