Cara Ampuh Mengatasi Stres dengan Makanan

by
cara mengatasi stres
Cara Mengatasi Stres – Stres dapat dialami oleh siapapun. Stres bisa terjadi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya tekanan pekerjaan, kondisi lingkungan, sakit berat dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, Anda perlu segera mengatasi stres atau depresi yang sedang Anda alami agar tidak memicu munculnya berbagai penyakit fisik, seperti sakit kepala dan sakit jantung. Lho kok bisa? Secara tidak langsung ketika psikis Anda sedang labil dan tertekan, hal itu akan mempengaruhi sistem kerja otak Anda. Alhasil, tubuh Anda akan merasakan dampaknya dan pada akhirnya penyakit pun datang.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi stres. Sebagai contoh, menggeluti hobi baru, baca selengkapnya di: Cara mengatasi stres dengan hobi, atau bisa juga dengan mengkonsumsi makanan tertentu untuk meredakan stres yang sedang Anda alami. Nah, pada artikel ini, Mag For Beauty akan mengulas topik tentang cara mengatasi stres dengan mengkonsumsi makanan. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut 5 macam makanan untuk meredakan stres. 

Makanan untuk Menghilangkan Stres

1. Cokelat

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah paham betul tentang khasiat cokelat. Selain rasanya yang lezat dan enak, cokelat juga lazim digunakan untuk menghilangkan stress. Cokelat mengandung flavonoid yang membantu Anda menenangkan diri serta phenylethylamine yang berkhasiat untuk membangkitkan suasana hati Anda. 

Meskipun demikian, Anda tetap perlu berhati-hati. Cokelat yang dijual di pasaran umumnya mengandung banyak gula. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda hanya mengkonsumsi dark chocolate yang terbukti bebas gula untuk melawan stres.

2. Beras merah

Tahukah Anda bahwa beras merah ternyata juga berkhasiat untuk meredakan stress. Beras merah mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menghilangkan stress. Oleh sebab itu, mengkonsumsi berah merah secara rutin sangat dianjurkan jika Anda ingin menghilangkan stress. Beras merah mungkin rasanya sedikit aneh, tapi lama-kelamaan Anda juga akan terbiasa. Selain dapat mengatasi stress, beras merah mengandung kalori yang rendah serta lebih mengenyangkan dibandingkan dengan beras putih. 

3. Kedelai

Salah satu penyebab Anda mengalami stress adalah rendahnya kadar protein dalam tubuh Anda. Untuk itu, cukupi asupan protein harian Anda agar terhindar dari masalah depresi dan stress. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kedelai. Mengapa kedelai? Selain harganya yang murah, kedelai juga dapat diolah dalam bemacam-macam bentuk makanan, contohnya tahu, tempe, susu kedelai, dan sebagainya.

4. Ubi jalar

Beberapa orang memiliki kebiasaan ngemil dengan sekantong keripik kentang ketika mereka sedang mengalami stres atau kecemasan. Benarkah cara tersebut? Jika Anda juga melakukan hal demikian, kami sarankan Anda untuk menghentikan kebiasaan ini. Cobalah untuk mengganti camilan Anda dengan ubi jalar. Selain dapat memuaskan hasrat ngemil Anda, ubi jalar juga mengandung beta-karoten yang bermanfaat dalam menghilangkan stres.


5. Buah berry

Buah-buahan yang tergolong dalam keluarga berry ternyata juga ampuh untuk mengusir stress. Apapun jenis berry tersebut, – blueberry, ceri, raspberry dan gooseberry memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu Anda dalam membangun sistem kekebalan tubuh serta mengatasi tingkat stres yang tinggi .

6. Kacang-kacangan dan kismis

Kismis biasanya digunakan sebagai tambahan makanan seperti es krim, kue dan makanan penutup. Selain tergolong makanan yang serbaguna, kismis juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin B dan E yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh stres. 

Selain itu, kismis juga mengandung asam lemak omega 3, mangan, triptofan dan tembaga. Mengkonsumsi kismis dalam jangka panjang juga dapat membantu dalam memperbaiki kualitas tidur Anda. 

7. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk meredakan stres. Meskipun banyak orang yang tidak menyukai sayuran ini karena rasanya yang kurang enak, kami sarankan Anda untuk tidak berpaling dari sayuran ini. Asam folat pekat yang terkandung bermanfaat untuk menghilangkan stres. 

Nah, itu tadi ulasan tentang cara meredakan stress dengan makanan tertentu. Stress dapat dialami oleh siapapun. Namun jika Anda tahu cara mengatasinya, hal itu akan terasa mudah. Ingat, jangan biarkan stres dan kecemasan menggerogoti hidup Anda. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: André Karwath aka Aka @wikimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *