Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

by
cara menurunkan tekanan darah tinggi
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi medis yang paling sering dialami oleh banyak orang dewasa ini. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah di dalam arteri meningkat. Adapun penyebab tekanan darah tinggi yaitu sering merasa gelisah dan tegang, obesitas, asupan garam berlebih, diabetes, kekurangan beberapa jenis nutrisi penting, dll.

Di samping itu, hipertensi dapat mengakibatkan beberapa penyakit serius seperti stroke, gagal jantung, gangguan ginjal, serangan jantung, dan sebagainya. Cara terbaik untuk mencegah potensi penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yakni dengan cara menurunkan tekanan darah sampai batas maksimum. 

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah. Namun, cara yang paling sederhana untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengubah gaya hidup kita sehari-hari. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat, seperti olahraga teratur dan asupan makanan yang seimbang dan tepat waktu, serta istirahat yang cukup, niscaya tekanan darah di dalam tubuh Anda akan kembali normal. 

Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Nah, artikel berikut ini akan membahas secara khusus tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis makanan, yang apabila disertakan dalam menu diet Anda, dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Sayuran hijau

Mengkonsumsi banyak sayuran hijau segar seperti bayam sangat ampuh dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Bayam merupakan sumber kalium, sebab jika tubuh kita kekurangan kalium, hal itu mungkin menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Jadi, jika selama ini Anda kurang mengkonsumsi sayuran hijau, bisa jadi itu adalah penyebab mengapa tekanan darah Anda tinggi. 

2. Susu skim

Susu bebas lemak adalah salah satu alternatif terbaik yang dapat menurunkan tekanan darah. Susu skim mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi, yang apabila tubuh kita kekurangan nutrisi tersebut maka mungkin menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Untuk memperoleh khasiat yang lebih, seduhlah susu skim dengan air hangat.

3. Tomat

Tomat dipercaya dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah dengan cepat jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, tomat juga kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nah, nutrisi-nutrisi itulah sangat penting untuk mencegah tekanan darah tinggi.

4. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih mentah terbukti sebagai makanan yang sangat mujarab untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Bawang merah dan bawang putih bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Selain itu, kedua jenis bawang tersebut juga dapat meminimalisir dampak buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Bahkan, bawang juga berfungsi dalam menghilangkan penyumbatan dalam hati. Luar biasa bukan?

5. Oats

Oats memang dikenal sebagai makanan yang memiliki berbagai manfaat. Selain dapat menurunkan kolesterol, oats juga berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi gandum secara teratur saat sarapan, mereka mempunyai resiko yang sangat kecil mengalami tekanan darah tinggi.

6. Kurangi makanan asin dan pedas

Cara gampang lainnya untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu asin. Sodium yang terkandung dalam garam merupakan elemen yang menyebabkan peningkatan tekanan darah di arteri. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan makan makanan yang terlalu asin. Di samping itu, makanan yang pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Maka dari itu, menghindari makanan pedas dalam makanan sehari-hari akan menurunkan tekanan darah Anda dengan segera.

7. Buah-buahan segar

Semua jenis buah-buahan mengandung mineral dan vitamin penting yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda penderita diabetes, jangan khawatir sebab mengkonsumsi buah-buahan tidak akan meningkatkan gula darah dalam tubuh Anda. Misalnya, Anda dapat mengkonsumsi buah pepaya dan apel. Selain itu, makan buah-buahan kering seperti almond, kismis dan kenari juga sangat dianjurkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi serta mengurangi resiko yang ditimbulkannya.

Nah, itu tadi tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Selain dari makanan yang tercantum di atas, beberapa jenis makanan seperti biji bunga matahari, minyak zaitun, alpukat, dan dark chocolate juga sangat membantu dalam mengembalikan tingkat tekanan darah menjadi normal. Pastikan juga untuk memenuhi asupan air, setidaknya 6 sampai 8 gelas air setiap hari. Sebab, ketegangan saraf mungkin penyebab meningkatnya tekanan darah Anda yang dapat diturunkan dengan konsumsi air. Sekian dan semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: sxc.hu: zumbari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *