8 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Lebat dengan Cepat

by
rambut lebat dan sehat
Memiliki rambut lebat dan panjang merupakan idaman setiap orang khususnya kaum hawa. Ada berbagai jenis perawatan kimia yang ditawarkan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, namun ada baiknya jika Anda mencoba metode alami untuk membuat rambut Anda tumbuh cepat dan lebat. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Kurangi stres

Tekanan mental dan depresi dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik. Stres dapat menghentikan pertumbuhan rambut. Selain itu, emosi terpendam dan kekhawatiran dalam pikiran Anda juga dapat menyebabkan rambut rontok.

2. Menjaga pola makan

Diet yang tepat memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan rambut Anda. Pastikan Anda menyertakan banyak protein, vitamin, mineral dan air dalam diet Anda. Makanan seperti ayam, kalkun, ikan, telur, produk kedelai, bayam, cokelat hitam, biji labu sangat baik bagi pertumbuhan rambut Anda.

Zat besi berperan penting dalam membawa oksigen dari darah sampai ke folikel rambut Anda yang dapat membantu dalam perbaikan jaringan Anda serta memastikan bahwa kelenjar minyak di sekitar folikel Anda berfungsi dengan baik. Vitamin C merupakan antioksidan yang baik bagi rambut Anda. Juga, berolahragalah secara teratur serta minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

3. Tidur yang cukup

Tidur mengatur melatonin dan kortisol dalam tubuh Anda yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan rambut. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup tidur, proses pertumbuhan rambut Anda akan terhenti. Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup jika Anda ingin rambut yang sehat dan tebal.

4. Jaga kesehatan fisik Anda

Apakah Anda baru sembuh dari sakit? Jika iya, saat Anda sakit, rambut Anda tidak akan tumbuh sementara. Karena tubuh Anda akan berfokus pada penyembuhan luka. Rambut Anda akan tumbuh kembali minimal 3 bulan. Juga, anemia dan kelainan tiroid berkontribusi dalam menghambat pertumbuhan rambut.

5. Jangan mencuci rambut terlalu sering

Beberapa orang mungkin percaya bahwa mencuci rambut setiap hari dalam seminggu akan membuat rambut mereka tumbuh lebih halus dan lebih cepat. Namun cara tersebut salah, ladies! Bahkan, jika Anda mencuci rambut Anda terlalu sering, kelembaban dalam rambut akan menurun yang menyebabkan rambut Anda kering, kasar dan rapuh.


6. Gunakan minyak rambut

Minyak membantu untuk mempertahankan kelembaban, kemilau dan pertumbuhan rambut. Minyak jojoba seperti minyak kelapa, zaitun, lavender dan rosemary dapat mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Apapun pilihan Anda, gunakan minyak tersebut secara rutin agar rambut Anda tetap sehat dan lebat.


7. Gunakan campuran lidah buaya, alkohol dan telur

Peras beberapa daun lidah buaya, campuran telur dan sedikit alkohol lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama setidaknya satu jam. Selain itu, resep ini akan membuat rambut Anda super panjang dalam waktu singkat.

8. Membuat masker kentang untuk rambut Anda

Buatlah jus 3 buah kentang, tambahkan satu kuning telur dan madu. Lalu aplikasikan pada rambut Anda. Kuning telur dan madu membantu menambah kelembaban pada rambut Anda sehingga lebih halus dan lembut. Sedangkan kentang mengandung vitamin yang penting bagi kesehatan rambut Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa baca Panduan Merawat Rambut DI SINI

Photo Courtesy: shmel ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *