Fakta Menarik tentang Pilates yang Perlu Anda Ketahui

by
fakta tentang pilates
Apa itu Pilates? Pilates merupakan salah satu cabang olahraga kebugaran yang dikembangkan pada awal abad ke-20. Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, olahraga ini rupanya kembali populer dan diminati banyak orang di seluruh dunia. Seiring dengan popularitas pilates yang terus meningkat, banyak pusat kebugaran yang kini telah membuka kelas pilates yang dipandu oleh instruktur yang berpengalaman. Anda tertarik ikut kelas pilates?

Walaupun pilates kini semakin digemari oleh masyarakat luas, ternyata tidak banyak orang yang paham dan mengetahui seluk beluk tentang olahraga ini. Banyak informasi yang berkembang di masyarakat hanyalah berupa mitos belaka. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba olahraga pilates ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa fakta menarik tentang pilates. Anda penasaran? Yuk kita simak ulasan di bawah ini. 

1. Pilates merupakan sistem kebugaran fisik, bukan cabang dari yoga

Saat ini banyak sekali iklan yang beredar di berbagai media yang mengatakan bahwa pilates adalah cabang dari yoga. Padahal, pilates tidak ada kaitannya dengan yoga sama sekali. Pilates adalah jenis olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates, seorang ahli fisika. Dia berkeyakinan bahwa kesehatan mental dan fisik mempunyai hubungan erat dengan Pilates. 

2. Pilates kurang komplit jika dilakukan tanpa metode dan peralatan yang tepat

Dalam olahraga pilates, Anda dianjurkan menggunakan metode serta peralatan yang tepat agar hasilnya lebih maksimal. Oleh karena itu, pelajari dahulu berbagai gerakan pilates sebelum memulainya. Anda bisa mencari referensi tentang pilates dengan membaca buku atau browsing internet. Jika perlu, Anda bisa mengikuti kelas pilates. Di sana, Anda akan mempelajari gerakan-gerakan pilates dengan dipandu oleh trainer ahli.

Di samping itu, Anda juga perlu menggunakan peralatan tertentu dalam menunjang berbagai gerakan pilates. Namun jika Anda tidak mempunyai peralatan tersebut, Anda bisa memakai peralatan sederhana, seperti meja, kursi, bola elastis, dan sebagainya.

3. Pilates membutuhkan konsentrasi tinggi

Tahukah Anda bahwa pilates bukan lah olahraga yang sekedar menggerakkan anggota badan dalam gerakan yang berbeda. Dalam pilates, Anda harus melakukan gerakan secara tepat sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Mungkin hal ini terdengar lucu. Tapi faktanya memang seperti itu. Pilates didasarkan pada keyakinan bahwa cara atau metode latihan yang dilakukan lebih penting daripada latihan itu sendiri.

4. Contrology adalah nama lain dari Pilates

Saat Joseph Pilates mengembangkan Pilates sebagai sistem kebugaran fisik, ia juga menamainya dengan sebutan Contrology. Dia percaya bahwa siapapun yang berlatih Pilates harus mampu mengontrol setiap gerakannya. Apa manfaatnya? Para ahli mengatakan bahwa pilates berguna untuk meningkatkan pengendalian otot punggung, tungkai dan otot perut.

5. Pernapasan adalah kunci

Dalam pilates, Anda diharuskan melakukan bermacam-macam gerakan lambat serta serangkaian latihan dengan menggunakan teknik pernapasan yang tepat. Jika Anda dapat melakukannya dengan benar, stres yang Anda alami dengan mudah bisa dilepaskan. Dengan kata lain, olah napas adalah kunci penting dari olahraga pilates ini.

6. Mat-based Pilates dan Equipment-based Pilates

Pada dasarnya ada dua jenis Pilates. Pertama, Mat-based Pilates yaitu pilates yang dilakukan di atas lantai. Kuncinya, pilates jenis ini menggunakan kombinasi gravitasi dan berat tubuh Anda dalam melakukan setiap gerakannya. Sedangkan Equipment-based Pilates adalah pilates yang menggunakan berbagai peralatan dalam menunjang gerakan-gerakannya.

7. Kualitas lebih penting daripada kuantitas

Jika Anda adalah seseorang yang suka melakukan segala sesuatu dengan cara yang benar, pilates adalah pilihan olahraga yang sesuai untuk Anda. Setiap hal dalam pilates, seperti postur, pernapasan, gerakan, jumlah repitisi, dan jumlah energi yang dihabiskan, semuanya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun ada begitu banyak buku dan kaset video tentang pilates yang dijual bebas di pasaran, kami sarankan agar Anda belajar dari seorang instruktur pilates yang berkualifikasi.

8. Berhati-hatilah sebelum dan saat berlatih Pilates

Sebelum Anda menggeluti olahraga ini, sangat disarankan Anda lebih berhati-hati terutama jika Anda sedang hamil, berusia lebih dari 40 tahun, kelebihan berat badan atau memiliki penyakit tertentu. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada paramedis yang berkualitas sebelum memulainya karena pilates sangat menantang kekuatan mental dan fisik Anda.

9. Pilates dapat dilakukan oleh semua orang

Ada kesalahpahaman umum bahwa Pilates hanya untuk wanita. Faktanya, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik itu pria maupun wanita. Bahkan, pencipta pilates sendiri adalah seorang pria. Maka dari itu, pilates adalah olahraga yang universal dan untuk semua orang.

10. Pilates akan menantang tubuh Anda

Olahraga pilates mempunyai manfaat yang luar biasa bagi Anda, baik fisik maupun mental. Saat melakukan gerakan pilates, Anda dituntut untuk mengendalikan pikiran Anda melalui kontrol yang ekstrim, konsentrasi, dan fokus. 

Manfaat dan Kegunaan Pilates

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang pilates yang perlu Anda ketahui. Adapun manfaat dan kegunaan pilates sangatlah beragam. Selain dapat meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, pilates juga berguna untuk meningkatkan fleksibilitas postur badan, kekuatan otot, serta stabilisasi tulang belakang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Photo Courtesy: © Sean Nel | Dreamstime.com

Informasi Kesehatan:

  • apa itu pilates
  • cara olahraga pilate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *