Fakta Super Menarik tentang Sabun yang Perlu Anda Ketahui

by
fakta tentang sabun
Sabun kini telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Benda ini memiliki fungsi yang luar biasa dalam menjaga tubuh kita agar tetap bersih dan terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Nah, pada kesempatan kali ini, Mag For Beauty akan membahas tentang beberapa fakta-fakta super menarik tentang sabun yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya.

 Fakta-Fakta Menarik tentang Sabun

1. Sabun untuk pertama kali ditemukan di Gunung Sapo. Gunung Sapo adalah sebuah gunung di mana semua penduduk asli setempat terbiasa untuk memotong hewan kurban.

2. Ada tiga macam proses pembuatan sabun. Pertama, proses pemanasan, lalu proses pendinginan, dan yang terakhir adalah proses pelelehan. Proses pelelehan sabun juga bisa disebut sebagai proses penuangan untuk kemudian dicetak ke dalam bentuk tertentu. Setiap proses melibatkan beberapa jenis sabun dalam pembuatannya. Inilah yang membedakan antara produk sabun buatan sendiri dan sabun buatan pabrik.

3. Proses pembuatan sabun dikenal sebagai ‘saponifikasi’. Proses ini merupakan penyampuran minyak nabati dan lemak sebagai bahan dasar. Campuran tersebut kemudian ditambahkan ke dalam garam asam lemak. 

4. Terdapat perbedaan yang signifikan pada bahan yang digunakan dalam sabun komersial dan sabun buatan sendiri. Dalam pembuatannya, sabun komersial menggunakan hewan dan minyak keras. Sedangkan sabun buatan sendiri biasanya dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti gliserin. Maka tidak salah jika sabun buatan sendiri jauh lebih lembut di kulit dibandingkan dengan sabun komersial atau buatan pabrik.

5. Kenapa sabun dapat berbusa? Hal ini dikarenakan sabun memiliki kandungan sulfat atau sulfit. Jika sabun tertentu memiliki lebih sulfat, maka sabun tersebut dapat berbusa lebih banyak.

6. Sabun tersedia dalam berbagai bentuk untuk penggunaan sehari-hari. Sabun biasanya dikemas dalam bentuk gel, cair, krim dan batangan.

7. Ada dua alasan penting mengapa sabun dapat menyebabkan mata iritasi atau terbakar. Biasanya, sabun yang mengandung dua bahan kimia yang menyebabkan terbakar. Yang pertama adalah Lye yaitu sejenis bahan kimia yang menyebabkan mata iritasi. Dan yang kedua adalah molekul lemak yang juga menyebabkan sensasi terbakar di mata.

8. Penggunaan sabun biasanya tergantung pada jenis sabun yang Anda gunakan. Jika kulit Anda berminyak atau sensitif, gunakanlah jenis sabun khusus.

9. Sabun pertama kali digunakan dalam industri tekstil. Dalam perkembangannya, sabun kemudian digunakan dalam industri obat. Secara perlahan-lahan lantas sabun mulai diterima oleh masyarakat luas. 

10. Sabun gliserin sangat populer dipakai untuk mandi. Namun, tahukah Anda bahwa nama ini berasal dari proses kimia yang menggunakan alkohol untuk tujuan klarifikasi. 

11. Sabun biasa sebetulnya sudah cukup bagus untuk membunuh berbagai jenis virus. Sedangkan mitos yang berkembang menyatakan bahwa sabun antibakteri hanya diperlukan untuk membunuh kuman. Padahal, sabun juga dapat mencegah penyebaran virus.

12. Sabun yang difungsikan untuk mencuci tangan dapat membantu untuk mencegah demam dan flu. 

13. Sabun batangan buatan pabrik sebenarnya merupakan deterjen sintetik. Berhati-hatilah ketika Anda membeli sabun tersebut.

Nah, itu tadi beberapa fakta super menarik yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. 

Photo Courtesy: citalliance ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *