Jenis-Jenis Kanker yang Paling Umum

by
jenis-jenis kanker
Kini penyakit kanker bisa dikatakan sebagai rajanya penyakit. Sebab selain kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit ini semakin meningkat, kanker juga mempunyai jenis yang beragam. Meskipun ada begitu banyak kemajuan dalam penelitian dan pengobatan tentang kanker, penyakit ini rupanya masih menimbulkan rasa takut dan kecemasan pada setiap orang. 

Hal ini dikarenakan terdapat berbagai jenis kanker yang telah membunuh banyak jiwa. Selain itu, jenisnya pun juga berbeda tergantung organ tubuh mana yang terkena penyakit mematikan ini. Bahkan, beberapa tipe kanker hanya dialami oleh jenis kelamin tertentu. Sebagai contoh, ada beberapa jenis kanker yang dialami oleh kaum pria, misalnya kanker prostat. Sedangkan, beberapa jenis kanker yang dialami oleh kaum wanita biasanya terjadi pada organ-organ reproduksi seperti rahim dan ovarium. 

Terlepas dari macam-macam kanker berdasarkan jenis kelamin tertentu, ada juga jenis-jenis kanker yang umum terjadi. Dikatakan umum karena terdapat begitu banyak kasus yang muncul akibat kanker ini. Sebagai contoh, kanker paru-paru yang diklaim telah menghilangkan jutaan nyawa setiap tahunnya. 

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas secara singkat beberapa jenis kanker yang umum dialami oleh banyak masyarakat di dunia. 

Jenis atau Macam-macam Kanker yang Paling Umum

1. Kanker Payudara 

Wanita yang telah mengalami masa menopause biasanya beresiko tinggi terkena kanker ini. Kanker payudara juga bersifat menurun. Baru-baru ini, artis Hollywood Angelina Jolie melakukan mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan karena dia memiliki riwayat keluarga kanker payudara. 

2. Kanker Kulit 

Melanoma atau kanker kulit umumnya disebabkan oleh radiasi ultra-violet pada kulit. Oleh karena itu, usahakan menggunakan krim sunblock serta memakai pakaian tertutup saat kontak langsung dengan paparan sinar matahari.

3. Kanker Ovarium 

Kanker jenis ini sangat umum dialami oleh wanita. Sel kanker tumbuh di indung telur dan masuk ke stadium lanjut sebelum dapat terdeteksi. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa kehamilan dan menyusui ternyata dapat mengurangi resiko kanker ovarium pada wanita. 

4. Kanker Kerongkongan

Kanker esofagus atau kerongkongan biasanya dialami oleh para perokok. Selain itu, makan makanan yang sangat pedas atau panas juga dapat menyebabkan kanker jenis ini. Sayangnya, seseorang yang terkena jenis kanker ini mempunyai kemungkinan hidup yang sangat kecil. Hanya sekitar 6 persen orang yang dapat bertahan hidup terhadap kanker kerongkongan. 

5. Kanker Prostat 

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang biasanya menyerang kaum pria dengan angka kematian yang cukup tinggi. Pola makan yang kaya lemak hewani dan merokok bisa menjadi pemicu munculnya kanker prostat. 

6. Kanker Darah 

Peningkatan yang signifikan jumlah sel darah putih dapat menjadi penyebab terjadinya kanker darah. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak di bawah usia 10 tahun. 

7. Kanker Serviks 

Kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mempengaruhi leher rahim seorang wanita dan hampir tidak mungkin untuk mendiagnosis karena gejalanya tidak jelas. Namun, jangan khawatir, vaksinasi sekarang sudah tersedia untuk mencegah kanker serviks.

8. Kanker Paru-Paru 

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Para perokok memiliki resiko yang tinggi untuk terkena kanker paru-paru. Selain itu, tingkat polusi yang tinggi juga dapat menjadi pemicu penyakit ini. 

9. Kanker Rahim 

Kanker rahim adalah kanker pada wanita paling umum kedua setelah kanker ovarium. Biasanya, tumor ganas tumbuh dari dinding rahim. Wanita yang melewati masa menopause beresiko terkena penyakit ini. 

10. Kanker Kandung Kemih 

Kanker kandung kemih sebagian besar disebabkan oleh paparan terhadap beberapa bahan kimia dan kebiasaan merokok. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk mengobati kanker ini sangatlah besar. Oleh karena itu, mencegah penyakit ini lebih baik daripada mengobati. 

11. Kanker Kolorektal 

Pria yang berusia lebih dari 50 tahun beresiko tinggi terkena kanker kolorektal. Kanker jenis ini mempengaruhi usus besar dan rektum bagian atas. 

12. Limfoma 

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma juga merupakan salah satu jenis kanker yang umum. Penyebab pasti dari kanker ini belum ditemukan namun kanker ini berpengaruh besar pada pasien HIV-positif. 

13. Kanker Pankreas 

Penyebab kanker pankreas umumnya terjadi pada seseorang yang sering mengkonsumsi makanan non-vegetarian. Jika Anda penderita diabetes atau pankreatitis, kemungkinan besar Anda bisa terjangkit penyakit ini. Bahkan, kemungkinan untuk bertahan hidup sangatlah rendah karena sering kali penyakit ini tidak terdiagnosis. 

14. Kanker Perut

Kebiasaan minum alkohol, merokok dan makan makanan yang mengandung pengawet dapat menyebabkan kanker perut. Selain menyakitkan, penyakit ini juga telah membunuh banyak orang. 

15. Kanker Mulut 

Kanker mulut terjadi ketika sel-sel tumor tumbuh pada mulut, lidah dan bibir. Orang yang biasa merokok memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker mulut.

Nah, sekian ulasan tentang beberapa jenis kanker yang paling umum. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Flickr

Informasi Kesehatan:

  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1825 xiIVZzPH1QHiydxZrhNZMWJIVaBj06ofNdul1qo4rsmbdalrhEn2V2mw_rc78IwZ 2fa1d97e1f3b4d731ba2a062e88fbfebaeb914df&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *