6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

by
makanan penyebab jerawat
Selain dapat menurunkan rasa percaya diri Anda, jerawat juga dapat membahayakan kulit Anda jika tidak segera ditangani secara tepat. Selain itu, pola makan Anda sehari-hari mempunyai pengaruh atau andil yang besar pada pertumbuhan jerawat di wajah Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan menu diet Anda untuk menghindari munculnya jerawat. Nah, sobat Mag For Beauty, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk mencegah jerawat. Apa sajakah makanan itu? Berikut daftarnya.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat

1. Gula

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi ternyata dapat memicu timbulnya jerawat. Makanan atau minuman tersebut menyebabkan lonjakan insulin sehingga membuat pori-pori kulit Anda lebih rentan untuk tersumbat. 

Nah, bagi Anda yang gemar makanan manis, usahakan berasal dari sumber makanan yang manis alami, seperti kentang manis atau blewah. Selain enak dan manis, makanan tersebut kaya akan beta-karoten.

2. Produk olahan susu

Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi keju, susu, atau krim, maka Anda lebih beresiko terkena jerawat. Namun, karena asupan kalsium yang cukup sangat penting bagi kesehatan kulit dan tulang, sebaiknya Anda mengkombinasikannya dengan beberapa jenis sayuran hijau dan biji-bijian yang tinggi kalsium, seperti brokoli dan kedelai.

3. Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi dan beberapa minuman lainnya juga dapat memicu jerawat karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh dan stres. Jika Anda saat ini sedang berjuang melawan jerawat, maka ada baiknya Anda menjauhi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

4. Makanan olahan

Ketika Anda sedang mempunyai masalah dengan jerawat, sangat disarankan Anda mengkonsumsi makanan yang segar dan organik. Cobalah untuk menghindari makanan yang terlalu asin atau berminyak. Sebab, makanan tersebut dapat mempengaruhi hormon dan kadar gula darah dalam tubuh Anda. 

Selain itu, makanan tersebut juga dapat menyebabkan lonjakan insulin dan menyebabkan bakteri penyebab jerawat tumbuh pesat. Jadi, tinggalkan junk food dan gorengan mulai sekarang.

5. Makanan cepat saji / fastfood

Jika setiap hari Anda makan makanan cepat saji yang berminyak, maka hal itu memungkinkan Anda mengalami peradangan dalam tubuh. Sebab, peradangan ini dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Jadi, jika Anda sering pergi ke restoran cepat saji, cobalah untuk memilih menu yang sehat seperti salad.

6. Alkohol

Ada berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa racun seperti tembakau dan alkohol sangat berkaitan erat dengan jerawat. Jadi, jika Anda seorang perokok atau mempunyai kebiasaan minum alkohol yang berlebihan, maka akan semakin sulit bagi Anda untuk melawan jerawat.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga perlu menjaga pola makan Anda untuk menghindari jerawat. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: allx ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *