Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Munculnya Jerawat

by
kebiasaan pemicu jerawat
Jerawat bisa muncul sewaktu-waktu tanpa kita sadari. Ada banyak faktor yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, seperti cuaca, makanan, produk kecantikan maupun genetik. Pada artikel sebelumnya, kami juga telah membahas tentang cara mencegah timbulnya jerawat

Selain itu, orang yang memiliki kulit berminyak ternyata juga rentan terhadap jerawat. Topik tersebut juga sudah dibahas pada artikel yang berjudul Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa contoh kebiasaan kita sehari-hari juga yang dapat memicu munculnya jerawat. Nah, apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

5 Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat pada Wajah

1. Terlalu sering menggosok / scrubbing wajah Anda

Anda mungkin berpikir bahwa menggosok wajah Anda setiap hari dapat menghilangkan kristal wajah Anda. Namun, hal itu ternyata tidak benar, kebiasaan ini menyebabkan berbagai iritasi kulit. 

Terlalu sering menggosok / scrubbing menggunakan pembersih wajah dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan pori. Untuk itu, disarankan untuk menggosok kulit wajah Anda cukup dua kali seminggu atau jika tidak Anda akan berjuang melawan masalah jerawat.

2. Makan makanan berminyak

Diet memainkan peran penting dalam munculnya masalah jerawat. Jika Anda makan produk susu atau makanan berminyak secara berlebihan, hal itu dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih serta dapat menyumbat pori-pori. Studi telah membuktikan bahwa makanan dengan indeks pemicu perubahan hormonal tinggi glikemik dapat menyebabkan wabah jerawat pada wajah Anda.

3. Merokok

Apakah merokok dan jerawat memiliki hubungan langsung? Hal ini masih diperdebatkan. Tetapi merokok pasti akan memiliki pengaruh negatif terhadap segala jenis peradangan kulit. Merokok juga dapat mengurangi daya kekebalan tubuh dan perubahan keseimbangan hormon. 

4. Menggunakan lotion sunblock yang berminyak

Tabir surya atau sunblock sangat penting untuk kulit Anda guna melindungi dari sengatan sinar matahari. Namun, waspadalah terhadap produk-produk sunblock yang berminyak sebab hal itu dapat menyumbat pori-pori Anda dan memperburuk masalah jerawat.

5. Menggunakan peralatan makeup yang tidak bersih

Salah satu alasan umum yang menjadi pemicu munculnya jerawat adalah penggunaan peralatan kosmetik yang kurang bersih. Kuas makeup dan aplikator adalah tempat yang baik bagi bakteri untuk tumbuh. 

Jadi, jika Anda menggunakannya tanpa membersihkannya secara teratur, masalah jerawat bisa muncul sewaktu-waktu. Untuk itu, cucilah aplikator atau peralatan kosmetik Anda dengan sabun antimikroba serta bersihkanlah menggunakan alkohol agar dapat digunakan kembali dengan aman.

Nah, demikian ulasan tentang kebiasaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jika Anda ingin kulit yang bersih tanpa masalah jerawat, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Semoga bermanfaat!

Photo Courtesy: qlcute @pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *