Manfaat Super Asam Lemak Omega 3

by
manfaat omega 3
Manfaat Asam Lemak Omega 3 – Mungkin sebagian di antara kita kurang suka ketika mendengar yang namanya ‘lemak’. Apalagi bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Eitss! Tapi tunggu dulu, tidak semua yang berkaitan dengan lemak itu buruk lho? Misalnya saja, asam lemak omega 3. Seperti kita ketahui, asam lemak omega 3 mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Anda mungkin tidak melihat manfaat dari asam lemak omega 3 dalam jangka pendek, tetapi asam lemak omega 3 sangat penting untuk metabolisme tubuh serta meningkatkan kesehatan tubuh kita dalam jangka panjang.

Sumber Asam Lemak Omega 3

Adapun makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu telur, ikan salmon, ikan tuna, kedelai, kembang kol, minyak ikan, bayam, buah alpukat, minyak zaitun, belut, ikan lele, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan membahas secara tuntas tentang beberapa manfaat luar biasa asam lemak omega 3. 

Manfaat dan Fungsi Asam Lemak Omega 3

1. Asam lemak omega 3 berguna untuk melawan depresi

Jika saat ini Anda sedang mengalami depresi atau stress berat yang disebabkan oleh suatu hal, seperti pekerjaan kantor, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang secara teratur makan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti ikan lebih tahan terhadap depresi dan kecemasan.

2. Asam lemak omega 3 meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan kata lain, asam lemak omega 3 melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, mulai dari sekarang tingkatkan asupan asam lemak omega 3 dalam diet Anda untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Asam lemak omega 3 meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi membuktikan bahwa asam lemak omega 3 mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. Secara kasat mata, manfaat asam lemak omega 3 mungkin tidak terlihat, namun dalam jangka panjang asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda.

4. Asam lemak omega 3 mengurangi peradangan

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh Anda. Selain itu, asam lemak omega 3 juga berguna untuk mengurangi gejala arthritis rheumatoid, nyeri sendi dan masalah arthritis lainnya.

5. Asam lemak omega 3 mengurangi kemungkinan gangguan psikotik pada anak

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 mencegah dan mengurangi risiko gangguan psikotik pada anak-anak dan bahkan remaja. Oleh sebab itu, mulai saat ini masukkan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ke dalam menu harian keluarga Anda. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai manfaat menakjubkan dari asam lemak omega 3. Mengingat fungsi asam lemak omega 3 sangat penting bagi tubuh kita, maka konsumsilah sesering mungkin makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Jonas N @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *