Manfaat dan Khasiat Super Buah Apel bagi Kesehatan

by
manfaat dan khasiat apel
Manfaat Buah Apel – Salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh adalah apel. Mengkonsumsi buah apel secara rutin berkhasiat dalam meningkatkan system kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Selain mudah dijumpai di berbagai tempat, seperti pasar tradisional dan supermarket, cara pengolahannya pun terbilang gampang. Anda dapat membuat berbagai jenis makanan dan minuman dari bahan dasar buah apel. Misalnya saja, kue pie apel, brownies apel, selai apel, jus apel, rujak apel, keripik apel, dan lain sebagainya. 

Manfaat dan Khasiat Buah Apel bagi Kesehatan

Disamping apel dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti yang disebutkan di atas, buah apel ternyata juga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita. Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan membahas tentang manfaat atau khasiat buah apel bagi kesehatan. Anda penasaran? Yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Apel kaya akan antioksidan

Antioksidan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat meningkatkan kesehatan, antioksidan juga berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit serta dikenal memiliki sifat anti-penuaan. Apel merupakan sumber antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat dalam mencegah atau mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan juga membantu kita agar terlihat awet muda.

2. Apel berkontribusi terhadap asupan serat

Apel juga terkenal sebagai salah satu buah-buahan yang mengandung serat. Serat berguna untuk mengatur pergerakan usus, membantu mencegah kanker usus besar serta meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Meskipun apel mungkin tidak memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, buah apel dipercaya sebagai sumber yang baik untuk mendukung program diet Anda.

3. Apel berkhasiat menurunkan berat badan

Khasiat lain dari buah apel yaitu membantu dalam menurunkan berat badan. Dengan kandungan lemak yang sangat rendah, buah apel merupakan pilihan diet utama bagi kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan. Mengkonsumsi apel secara rutin setiap hari dapat menurunan berat badan sebab apel bersifat mengenyangkan sehingga menekan rasa lapar.

4. Apel merupakan sumber vitamin yang baik

Adapun manfaat selanjutnya dari buah apel yakni sebagai sumber vitamin A, C dan B kompleks. Bahkan, apel juga mengandung kalsium, zinc, magnesium dan zat besi. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi, apel merupakan buah yang tepat untuk menu diet Anda.

5. Apel berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Tahukah Anda bahwa kandungan air dalam apel mencapai hampir 80%. Tak heran jika buah apel adalah sumber makanan yang berguna untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah buah apel setiap hari agar kulit Anda terlihat fresh, bersinar serta tampak awet muda.

Nah, para pembaca setia Mag For Beauty sekalian, itu tadi beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan. Selain harganya yang terjangkau, buah apel juga mudah Anda temukan di mana pun. Jadi tunggu apa lagi? Jadikan buah apel sebagai menu pelengkap di meja makan keluarga Anda tercinta. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: ~suchitra~ @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *