6 Manfaat Super Rumput Laut bagi Kesehatan

by
manfaat rumput laut
Manfaat Rumput Laut – Rumput laut adalah salah satu jenis seafood yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa dijadikan bermacam-macam produk olahan, rumput laut juga menawarkan kandungan protein yang cukup tinggi. Semua jenis rumput laut seperti Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lottuse dan Nori diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia, rumput laut kini sudah mulai serius di budidayakan, mengingat permintaan pasar dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Selain itu, perairan di wilayah Indonesia memang sangat luas serta didukung iklim yang cocok sehingga potensial untuk membudidayakan jenis ganggang ini. Di dalam negeri sendiri, rumput laut biasanya diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti keripik rumput laut, campuran es buah, dodol rumput laut dan sebagainya. 

Nah, kali ini MagWuzz.com akan membahas beberapa manfaat dari rumput laut yang mungkin belum Anda ketahui. Mau tahu? Berikut adalah beberapa manfaat rumput laut bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Rumput Laut dan Khasiatnya

1. Sumber kaya vitamin

Rumput laut dikenal sebagai makanan super menyehatkan karena suatu alasan. Makanan ini mengandung beragam nutrisi, diantaranya vitamin A, kalsium, zat besi, kalium, yodium dan vitamin B12. Rumput laut kaya akan vitamin ini karena telah mengalami mineralisasi di dalam air laut. Bahkan, makanan super ini juga diyakini memiliki lebih banyak kalsium daripada daging sapi, brokoli dan susu. Luar biasa bukan? Maka dari itu, jika Anda mencari produk makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan gizi Anda, konsumsilah rumput laut.

2. Mengatur tiroid dan fungsi hormonal lainnya

Manfaat lain dari rumput laut yaitu dapat menjaga kesehatan tiroid. Mengapa? Alasannya adalah karena rumput laut mengandung yodium. Tiroid memainkan peran penting dalam metabolisme sel dan fungsi fisiologis tubuh. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang kini mulai beralih ke rumput laut untuk menggantikan fungsi garam.

3. Sumber yang kaya serat

Rumput laut kaya akan serat larut. Jika dikonsumsi, rumput laut akan berubah menjadi gel dan membantu pencernaan dalam tubuh. Dengan fungsi memperlambat pencernaan, rumput laut berguna untuk mencegah tubuh dari penyerapan kolesterol dan gula yang berlebih. Di samping itu, serat yang hadir dalam rumput laut juga membantu dalam meningkatkan bakteri baik dalam perut yang selanjutnya membantu proses pencernaan dan memperkuat dinding perut.

4. Penurunan berat badan

Rumput laut terbukti tidak memiliki kalori dan lemak. Satu porsi rumput laut mengandung 5 sampai 20 kalori. Selain itu, kehadiran yodium dalam rumput laut juga memastikan bahwa kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh dengan baik sehingga berat badan tetap seimbang (baca juga: cara menurunkan berat badan). Bahkan, mineral yang ada dalam rumput laut berfungsi dalam memecah sel-sel lemak dalam tubuh. Manfaat lainnya yakni dapat mencegah pertumbuhan selulit dalam tubuh.

5. Perlindungan kanker

Rumput laut kaya akan anti-oksidan yang berkhasiat dalam menghalau pertumbuhan kanker yang menyebabkan radikal bebas dalam tubuh. Anti-oksidan ini merupakan senyawa kimia yang disebut lignan. Senyawa ini diketahui bekerja untuk memperlambat pertumbuhan tumor serta membantu dalam mengirimkan sel-sel kanker keluar dari tubuh melalui aliran darah. Rumput laut juga dikenal memiliki sifat yang mencegah kanker estrogen terkait. Penelitian menunjukkan bahwa rumput laut dapat mencegah kanker usus besar karena kaya akan asam folat. Baca juga artikel tentang kanker di: Cara Mencegah Kanker

6. Mendetoksifikasi tubuh

Rumput laut dapat menjadi penangkal yang sangat baik untuk gaya hidup modern yang dapat melindungi Anda dari berbagai racun yang berasal dari internal maupun lingkungan sekitar. Selain itu, rumput laut memiliki kemampuan untuk mengubah racun lingkungan yang diciptakan oleh polusi menjadi garam sederhana yang ramah bagi tubuh. Bahkan, rumput laut juga kaya akan klorofil yang membantu untuk detoksifikasi tubuh secara internal.

Nah, itu tadi beberapa manfaat rumput laut bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi rumput laut setiap hari. Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia karena bisa menjumpai makanan yang super ini dengan mudah. Semoga bermanfaat. 

Photo Courtesy: vvoennyy ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *