Manfaat Super Daun Mint untuk Perawatan Kulit

by
manfaat daun mint
Saat ingin melakukan perawatan tubuh atau kulit, terkadang kita merasa khawatir dalam memilih produk kosmetik yang tepat. Seperti yang kita ketahui, kini ada begitu banyak produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Namun, beberapa kasus, ternyata ada produk tertentu yang mengandung efek samping buruk bagi kesehatan kulit. 

Oleh karena itu, mungkin sebagian dari Anda cenderung menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan tubuh karena lebih ramah dan tidak memiliki efek samping. Di antara banyak bahan alami yang tersedia di sekitar kita, lidah buaya dan daun mint mungkin dapat menjadi solusi yang baik bagi kesehatan kulit Anda. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas manfaat daun mint untuk kesehatan kulit. 

Manfaat dan Kelebihan Daun Mint untuk Kesehatan Kulit

Mengapa daun mint? Mungkin Anda akan bertanya demikian. Mint merupakan tumbuhan yang mempunyai aroma yang sangat kuat. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan yang terdapat pada pelembab, pembersih dan lotion. Selain itu, daun mint juga banyak dipakai dalam produk perawatan kulit. Berikut kami sajikan beberapa manfaat daun mint bagi kulit.

Tips Perawatan Kulit Menggunakan Daun Mint

1. Anti inflamasi

Jika Anda sedang mengalami beberapa jenis iritasi kulit, ada baiknya Anda menggunakan daun mint untuk mengatasinya. Daun mint bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat menyembuhkan iritasi kulit. Selain dapat melembutkan kulit Anda, daun mint juga membuat sensasi gatal pada kulit Anda hilang dalam sekejap. 

2. Mengatasi kutu rambut 

Jika Anda dipusingkan oleh masalah kutu di rambut Anda, jangan khawatir, karena minyak mint dapat Anda manfaatkan untuk menyingkirkan masalah ini. Caranya, pijat rambut Anda dengan minyak mint setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. 

Minyak mint berfungsi sebagai pengusir alami terhadap berbagai jenis serangga, termasuk kutu rambut. Dalam jangka waktu tertentu, rambut Anda akan bersih kembali dan terbebas dari kutu. 

3. Menyamarkan bekas jerawat

Salah satu masalah yang seringkali mengganggu sebagian besar wanita adalah bekas jerawat. Jika Anda salah satu dari mereka, sebaiknya Anda menggunakan daun mint untuk menyamarkan bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, bautlah masker campuran beras yang dihaluskan dengan daun mint. Setelah itu, terapkan pada wajah Anda. Selain dapat menyamarkan bekas luka karena jerawat, tips ini juga akan menyingkirkan sel-sel kulit yang mati sehingga wajah Anda tampak bersih dan cerah. 

4. Mengatasi kaki kasar dan pecah-pecah

Memiliki kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah tentu akan membuat kita jengkel dan tidak nyaman. Nah, jika Anda juga mengalami hal serupa, ada baiknya Anda menggunakan daun mint untuk mengatasinya.

Caranya, sediakan ember yang sudah diisi rebusan daun mint, lalu biarkan sampai hangat kuku. Setelah itu, rendam kaki Anda ke dalamnya selama beberapa menit. Selain dapat melembutkan tumit Anda yang kasar dan pecah-pecah, tips ini juga akan memberikan efek aromatik serta membuat Anda rileks. 

5. Menyembuhkan komedo 

Jika Anda mengalami masalah komedo sejak lama, maka Anda sebaiknya menggunakan daun mint untuk mengatasi masalah tersebut. Terapkan daun mint di area wajah Anda yang rentan terkena komedo. Biarkan selama sekitar 15 menit lalu cucilah wajah Anda. 

6. Mengobati Jerawat 

Bagi Anda yang menderita masalah jerawat, ternyata daun mint dapat membantu untuk menyembuhkan masalah tersebut. Vitamin A yang terkandung daun mint akan membatasi produksi minyak dalam kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat

Caranya, campur jus daun mint dan air mawar lalu terapkan pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit lalu cuci bersih wajah Anda. Dengan melakukan tips ini secara rutin, jerawat Anda akan hilang secara bertahap.

Nah, itu tadi beberapa manfaat super daun mint untuk perawatan kulit Anda. Selain tidak memiliki efek samping, daun mint juga merupakan bahan kosmetik yang alami serta murah meriah. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *