Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh

by
manfaat yogurt
Manfaat Yoghurt – Hampir semua orang di seluruh dunia umumnya mengerti bahwa yogurt adalah makanan sehat yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Meskipun demikian, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui manfaat apa saja yang terdapat pada yoghurt bagi kesehatan. 

Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan mengulas lebih jauh beberapa manfaat yoghurt bagi kesehatan. Dengan begitu, kami berharap bahwa setelah membaca artikel ini, Anda semakin termotivasi untuk mengkonsumsi yoghurt setiap hari agar kesehatan Anda tetap terjaga. Anda penasaran? Yuk kita simak ulasan manfaat yoghurt bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat Yogurt bagi Kesehatan

1. Yogurt dapat mencegah dan mengobati osteoporosis

Yogurt merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium, fosfor dan vitamin D. Alhasil, dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin, hal ini dapat membantu dalam mencegah osteoporosis. Bahkan, orang yang sudah menderita osteoporosis sekalipun sangat dianjurkan memenuhi asupan yogurt minimal sehari sekali.

2. Yogurt mampu mencegah kanker usus besar

Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung sejumlah bakteri baik yang membantu untuk meningkatkan kesehatan usus besar. Selain itu, kandungan kalsium dalam yogurt juga membantu dalam mengontrol pertumbuhan sel serta asam empedu berlebihan yang menyebabkan kanker. Oleh sebab itu, mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu dalam mengurangi resiko kanker usus besar.

3. Yogurt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, yoghurt mengandung bakteri baik yang membantu untuk membunuh mikroorganisme beracun di dalam sistem pencernaan Anda. Dengan kata lain, yogurt juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Bahkan, yogurt juga bermanfaat bagi mereka yang menderita sembelit, infeksi usus dan gangguan pencernaan.

4. Yogurt bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Fungsi lain dari yogurt adalah meningkatkan jumlah sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi. Alhasil, orang yang mengkonsumsi yogurt secara teratur cenderung memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi. Singkat kata, yoghurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap berbagai serangan penyakit seperti demam, iritasi usus, dll.

5. Yogurt berguna untuk menurunkan kolesterol

Yogurt juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol karena sifat dari yogurt dapat menyerap kolesterol sehingga keseimbangan kolesterol dalam tubuh tetap terjaga. Dengan demikian, orang yang menderita penyakit jantung sangat disarankan mengkonsumsi yogurt secara teratur.

6. Yogurt dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Kekurangan kalsium dan vitamin D mungkin adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang memiliki tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt agar tekanan darah Anda tetap stabil.

7. Yogurt mampu mencegah infeksi berbahaya

Bakteri hidup yang ada dalam yogurt memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai jenis infeksi. Maka dari itu, konsumsilah yogurt secara teratur untuk mencegah infeksi vagina dan infeksi usus. Singkatnya, yogurt adalah makanan yang sangat ideal dan menyehatkan untuk semua orang.

8. Yogurt berguna untuk menurunkan berat badan

Jika Anda sudah mencoba segala cara untuk menurunkan berat badan tetapi masih saja tidak berhasil, sebaiknya Anda mencoba cara baru yaitu dengan mengkonsumsi yogurt. Hal ini karena yoghurt mampu menurunkan intensitas rasa lapar serta juga memberikan rasa kenyang.

Nah, sekian ulasan tentang manfaat yogurt bagi kesehatan. Setelah membaca berbagai manfaat luar biasa dari yogurt, kami berharap Anda tak ragu lagi untuk memasukkan yogurt ke dalam menu makanan harian Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: TheGirlsNY @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *