Fakta Menarik tentang Penyakit Eczema atau Eksim

by
penyakit eczema atau eksim
Penyakit eczema atau eksim adalah sejenis penyakit kulit yang biasanya dialami oleh bayi atau anak-anak. Hal itu disebabkan oleh imun tubuh yang lemah dan juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun demikian, penyakit eczema juga bisa dialami oleh orang dewasa sebagai dampak lanjut saat anak-anak. 

Pengertian dan ciri-ciri penyakit eczema atau eksim

Apa itu eczema atau eksim? Eksim yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik merupakan suatu kondisi kulit yang ditandai dengan peradangan dan ruam. Kulit akan terasa gatal luar biasa. Dan saat digaruk, maka kulit dapat terkelupas bahkan berdarah. Terlebih lagi, jika tidak segera dihentikan, dampak dari penyakit ini dapat menimbulkan infeksi pada kulit. 

Penyebab penyakit eczema atau eksim

Hingga saat kini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Namun, terdapat beberapa faktor yang memicu penyakit eksim ini:

Faktor Intern

1. Keluarga memiliki riwayat penyakit eczema (genetic atau keturunan).
2. Perubahan emosi yang tidak stabil seperti depresi dan stres.
3. Pola makan yang kurang sehat seperti alkohol, makanan yang mengandung pengawet dan pewarna kimia.

Faktor ekstern

1. Kontak langsung dengan lingkungan yang menyebabkan iritasi, seperti asap rokok, bahan-bahan kimia, cuaca yang terlalu ekstrem.
2. Bersentuhan dengan benda-benda penyebab alergi (Allergens), seperti sabun, shampo, kosmetik, debu, serbuk bunga, hewan peliharaan dan sebagainya.

Nah, selain informasi singkat di atas, berikut kami sajikan beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang penyakit eksim.

Seputar Penyakit Eczema (Eksim) atau Dermatitis Atopik

1. Penyakit eczema dialami oleh hampir 17% dari populasi manusia

Menurut sebuah studi, dermatitis atopik merupakan suatu kondisi kulit yang umum terjadi dan dialami sekitar 17 persen dari populasi di dunia. Hampir 40-60% diantaranya adalah anak-anak yang dapat dibawa hingga dewasa.

2. Belum ada obat untuk menyembuhkan eksim atopik

Terlepas dari banyak studi penelitian yang telah dilakukan, ternyata masih belum ada obat yang ditemukan untuk mengobati penyakit ini secara tuntas dan permanen. 

3. Penyakit eksim bersifat genetik atau menurun 

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyakit eczema bisa juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jika Anda memiliki penyakit eksim, kemungkinan Anda juga menderita asma atau demam . Hal ini juga sangat mungkin bahwa salah satu anggota keluarga Anda mungkin memiliki salah satu alergi tersebut, seperti demam, asma dan dermatitis atopik. Para dokter biasanya menyebutnya ‘triad atopik’.

4. Bisa juga terjadi pada orang dewasa

Selain sering dialami oleh bayi dan anak-anak, penyakit ini juga diderita oleh orang dewasa. Oleh karena itu, kenali sejak dini tanda-tandanya untuk mencegah penyakit ini kambuh.

5. Pekerjaan Anda dapat memperburuk penyaki ini

Jika pekerjaan Anda mengharuskan tangan atau kulit Anda basah serta terkena bahan kimia, hal ini dapat memperparah penyakit eksim Anda.

6. Eksim juga dipengaruhi kondisi lingkungan

Lingkungan juga dapat menjadi faktor pemicu penyakit eksim, seperti cuaca yang terlalu panas atau dingin, lingkungan yang tak kondusif, pakaian wol, deterjen, lotion atau sabun, berkeringat banyak, dan serbuk sari.

7. Alergi makanan juga dapat memperburuk eksim atopik

Produk susu, gandum dan kacang kedelai selain dapat menyebabkan alergi, tenyata juga memperburuk eksim Anda. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.


8. Perubahan gaya hidup dapat membantu dalam mengobati kondisi kulit ini

Beberapa kebiasaan tertentu ternyata mampu mencegah penyakit kesim kambuh, seperti mandi dengan air hangat atau suam-suam kuku, menghindari kulit dan rambut kering, menurunkan tingkat stres Anda serta menghindari penggunaan parfum berbahan kimia.

9. Obat-obatan tertentu juga dapat membantu mengatasi penyakit eksim

Antibiotik, kortikosteroid dan antihistamin dapat digunakan untuk mengobati eksim. Obat topikal seperti calcinuerin inhibitor juga membantu menurunkan peradangan di kulit. Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter tentang resikonya karena obat-obatan tersebut dapat memperlemah sistem kekebalan kulit Anda.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang eczema atau eksim. Jika Anda mengalami kondisi kulit yang seperti ini, rawatlah kulit Anda dengan baik dengan menggunakan pelembap serta tidak menggaruknya sesering mungkin ketika sedang kambuh. Meskipun belum ada obatnya, Anda dapat melakukan berbagai tindakan pencegahan agar tidak terlalu sering kambuh dan semakin parah. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Wavelightmedia ©crestock.com

Informasi Kesehatan:

  • apa itu suspek eczema

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *