Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak secara Alami

by
cara merawat kulit berminyak
Kulit yang cenderung berminyak sebenarnya merupakan jenis kulit yang baik. Bahkan, orang dengan kulit berminyak biasanya terlihat awet muda karena kulit berminyak mempunyai tingkat elastisitas yang bagus. Meskipun demikian, orang-orang yang memiliki kulit berminyak sangat rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit yang cenderung berminyak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor genetik. Nah, jika demikian, hal ini cukup mustahil untuk diperbaiki. Namun satu hal yang dapat Anda lakukan adalah meminimalisir produksi minyak berlebih pada kulit Anda. Selain itu, kulit berminyak juga disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Siklus menstruasi : saat menstruasi, tubuh akan menghasilkan hormon wanita sehingga memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih.

2. Stres : hormon kortisol dalam tubuh berguna untuk mengatasi stres. Nah, jika Anda terlalu sering mengalami stres, produksi hormon kartisol akan meningkat. Sayangnya, peningkatan hormon kortisol dapat menstimulasi produksi minyak pada kulit Anda.

3. Perubahan cuaca : meskipun tidak signifikan, perubahan cuaca juga berpengaruh bagi kulit Anda. Pada cuaca yang panas atau lembab, kulit biasanya akan cenderung berminyak.

4. Kosmetik : penggunaan kosmetik yang terlalu tebal dan lama juga menjadi masalah bagi kesehatan kulit Anda. Sebab, saat menggunakan kosmetik, sirkulasi minyak di kulit Anda tidak dapat berjalan lancar.

5. Pola makan : makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kondisi kulit Anda. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi agar produksi minyak dalam tubuh Anda bisa terjaga.

6. Pola hidup : untuk menjaga kulit Anda agar tetap sehat, cobalah untuk selalu menjaga kesehatan Anda dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. 

Cara Alami Mengatasi Kulit Berminyak

Nah, setelah mengetahui penyebab kulit berminyak, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi kulit berminyak agar terhindar dari munculnya jerawat. Berikut cara mengatasi kulit berminyak secara alami.

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah obat yang bagus untuk kulit berminyak sebab akan membersihkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih. Oleskan sedikit gellidah buaya untuk wajah Anda beberapa kali sehari dan gunakan setelah mencuci wajah Anda. 

2. Garam

Tahukan Anda ternyata garam juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat lalu tuangkan dalam botol semprot kecil. Semprotkan air garam tersebut ke wajah Anda sekali sehari. Garam berguna mengendalikan minyak pada wajah dan membuatnya tampak lebih muda dan cantik.

3. Masker kuning telur

Salah satu solusi yang cepat untuk merawat kulit berminya adalah dengan menggunakan masker kuning telur. Karena sifat dari kuning telur adalah membuat kulit kering. Anda dapat menerapkan kuning telur ke area kulit yang berminyak. Cuci setelah 15 menit.

4. Minyak esensial

Buah-buahan seperti lemon, tangerine dan jeruk ternyata juga dapat membantu merawat kulit berminyak. Minyak esensial jeruk juga dapat ditambahkan ke lotion sebelum menerapkan pada kulit. Cuci wajah secara menyeluruh setiap pagi dengan sabun antibakteri ringan sebelum menerapkan minyak esensial tersebut.

5. Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Pastikan bahwa Anda selalu mencuci atau mengganti kain wajah Anda secara rutin. Hal itu karena sifat minyak yang mudah tengik. Cucilah kuas make up setidaknya sekali seminggu.

Nah, itu tadi ulasan mengenai faktor yang menyebabkan kulit berminyak dan cara mengatasinya. Merawat kulit berminyak bukanlah hal yang sulit jika Anda mengikuti beberapa tips yang super gampang di atas sehingga Anda memiliki wajah cantik dan bersih bebas dari jerawat. Selamat mencoba.

Photo Courtesy: macniak ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *