Cara Diet yang Benar dan Menyehatkan

by
cara diet yang benar
Cara Diet yang Benar – Diet merupakan cara yang digunakan untuk mengatur pola makan agar memperoleh berat badan yang ideal. Bagi orang yang kurus, diet berarti upaya menaikkan berat badan. Sedangkan bagi orang yang cenderung gemuk atau bahkan mengalami obesitas, diet berarti usaha untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, kini ada banyak orang yang mulai melakukan diet secara serius, namun sangat sedikit yang mampu mencapai hasil yang diinginkan. 

Jika Anda saat ini sedang memulai diet, sebaiknya Anda menggunakan cara diet yang benar agar diet Anda tidak berakhir sia-sia. Sebab, ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam sebuah diet, misalnya saja asupan kalori dan aktivitas fisik. Di samping itu, Anda harus konsisten dalam mengatur pola makan Anda serta membuat daftar makanan yang boleh dimakan dan makanan apa saja yang menjadi pantangan. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol diri Anda sendiri agar patuh terhadap aturan diet yang telah Anda buat.

Bagaimana cara diet yang benar?

Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan membahas beberapa cara diet yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam memulai sebuah diet. Jika Anda benar-benar konsisten dan fokus pada cara tersebut, niscaya diet Anda akan berhasil. Anda penasaran? Berikut ulasan tentang cara diet yang benar dan menyehatkan

1. Hindari melewatkan makan

Banyak orang merasa bahwa ketika mereka sedang berdiet, mereka harus membatasi makan atau bahkan mungkin tidak makan sama sekali. Pada kenyataannya, cara ini kurang tepat dan membahayakan kesehatan Anda. Melewatkan makan dapat memicu tubuh Anda untuk mengumpulkan lebih banyak lemak karena tubuh Anda merasa bahwa makanan tersebut kurang mencukupi sehingga perlu mengumpulkan cadangan. 

Selain itu, dampak negatif lainnya dari melewatkan makan dapat menurunkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, cara terbaik adalah dengan makan dengan porsi yang ringan sekitar 5-6 kali dalam sehari. Namun, perlu diingat, Anda juga perlu memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

2. Minumlah jus buah secukupnya

Mengkonsumsi jus buah dalam diet memang sangat dianjurkan. Namun jika Anda minum jus buah dengan cara yang membabi buta tanpa terkontrol, hal itu juga tidak tepat. Sebab, jus buah juga mengandung kalori. Selain itu, seringkali saat membuat jus buah, kita membuang ampasnya. Padahal ampas tersebut merupakan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, hindari memisahkan ampasnya serta memberikan tambahan gula sebab gula mengandung kalori yang cukup tinggi. 

3. Hindari mengubah gaya hidup terlalu cepat

Saat Anda berkomitmen untuk memulai diet, Anda memang diharuskan mengubah gaya hidup Anda, khususnya pola makan. Namun, hal itu tidak berarti Anda harus mengubah pola makan 180 derajat. Sebab diet merupakan sebuah kebiasaan yang harus Anda lakukan setiap hari. Oleh karena itu, mulailah mengubah gaya hidup Anda secara perlahan. Jika Anda biasanya mengkonsumsi junkfood 3 kali sekali, maka kurangi menjadi 2 kali sehari. Begitu seterusnya sampai pola makan Anda benar-benar menyehatkan. 

4. Menghitung kalori dengan benar

Salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan diet adalah memahami asupan kalori. Diet bukan tentang seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi, tapi seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Meskipun sebatang cokelat terlihat kecil, faktanya cokelat tersebut mengandung kalori yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan kalori harian Anda sehingga bisa mengendalikan asupan kalori yang Anda konsumsi.

5. Pilihlah jenis makanan yang tepat

Buah-buahan dan sayuran segar adalah teman terbaik saat Anda sedang berdiet. Anda tidak akan berhasil dalam berdiet jika Anda tetap memilih jenis makanan yang tidak menyediakan nutrisi yang tepat. Maka dari itu, mencukupi nutrisi yang seimbang adalah kunci dari kesuksesan dalam diet. Di samping itu, pilihlah dengan cerdas makanan yang menyehatkan serta hindari makanan junkfood atau berlemak.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara diet yang benar dan menyehatkan. Selain mengatur pola makan, Anda juga harus meningkatkan aktivitas fisik Anda dengan berolahraga. Kunci keberhasilan diet ada pada diri Anda sendiri. Jika Anda konsisten dan sungguh-sungguh dalam mengatur gaya hidup Anda, kelak diet Anda akan sukses. Berpikirlah positif dan tetap semangat. Selamat mencoba. 

Photo Courtesy: pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *