Cara Sederhana Mencegah Penyakit Kanker

by
cara mencegah kanker
Cara Sederhana Mencegah Penyakit Kanker Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan dan ditakuti oleh banyak orang. Kata ‘kanker’ hanya tersusun atas 6 huruf namun mampu membuat bulu kuduk merinding ketika mendengar kata tersebut. 

Mayoritas masyarakat takut terhadap penyakit ini karena tidak memiliki obat yang pasti. Penyakit kanker juga memiliki jenis yang beragam tergantung dimana sel-sel kanker tumbuh, seperti kanker otak, kanker kulit, kanker hati, kanker payudara dan sebagainya. 

Kanker dapat merugikan tubuh kita karena sel-sel yang rusak membelah tak terkendali sehingga membentuk benjolan atau massa jaringan yang biasanya disebut tumor. Tumor dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf dan peredaran darah. Selain itu, tumor juga dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. 

Nah, pada artikel kali ini, MagWuzz.com akan membahas beberapa cara sederhana untuk mencegah penyakit kanker. Cara ini dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat, resiko terkena penyakit kanker bisa berkurang.

Cara dan Tips Mencegah Penyakit Kanker

1. Delapan gelar air setiap hari

Selain terhindar dari dehidrasi, minum banyak air ternyata dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih. Cara kerjanya yaitu dengan melarutkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan membantu untuk membuang mereka melalui kandung kemih lebih cepat. 

Orang dengan asupan cairan yang rendah (kurang dari 2,4 liter per hari) lebih beresiko terkena kanker saluran kemih (termasuk prostat, kandung kemih, ginjal, dan kanker testis) ketimbang mereka yang terhidrasi dengan baik. Minumlah minimal 8 gelas air setiap hari untuk mencegah resiko penyakit kanker.

2. Tambahkan bawang putih pada makanan Anda

Bawang putih tidak hanya berguna untuk menambah cita rasa dan aroma pada makanan Anda, tetapi juga dapat mengurangi risiko kanker. Bawang putih dapat mencegah kanker karena memiliki oleh sifat antibakteri. 

Oleh karena itu, sifat artibakteri tersebut mampu memblokir pembentukan zat penyebab kanker, menghentikan perkembangan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA, serta mengurangi kematian sel. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi kanker perut dan beberapa jenis kanker lainnya.

3. Batasi penggunaan ponsel

Saat menelpon dalam jangka waktu yang lama, gunakan handsfree atau headset untuk menghindari energi frekuensi radio yang dipancarkan oleh ponsel Anda secara langsung. Meskipun studi tentang kanker otak disebabkan oleh sinyal ponsel masih diperdebatkan, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap berhati-hati serta menghindari resiko yang mungkin ditimbulkan.

Jika Anda merasakan sakit kepala setiap hari serta sering menggunakan ponsel Anda untuk menelpon, Anda dapat meningkatkan resiko kanker otak dari hari ke hari. Sebelum penyakit tersebut benar-benar menyerang Anda, lebih baik Anda segera mengubah kebiasaan tersebut. Jadi tunggu apa lagi, jangan tunda untuk membatasi penggunaan ponsel Anda mulai dari sekarang.

4. Pilih pakaian yang tepat saat keluar ruangan

Warna tertentu seperti biru dan merah memiliki perlindungan yang signifikan dan baik terhadap pancaran sinar ultraviolet matahari dibanding menggunakan pakaian berwarna putih dan kuning. Oleh sebab itu, memilih pakaian yang tepat dapat membantu melindungi Anda terhadap bahaya kanker kulit. 

Saat keluar ruangan, usahakan menggunakan kemeja lengan panjang dan celana panjang untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Jangan lupa untuk memakai topi karena dapat melindungi daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti telinga, mata, dahi, hidung, dan kulit kepala. 

5. Hindari makanan yang dibakar atau dipanggang

Makanan yang dipanggang atau dibakar seperti sate dan ayam bakar memang sanga lezat dan nikmat. Namun Anda harus berhati-hati sebab daerah yang menghitam pada makanan yang dibakar merupakan sumber bahan kimia karsinogenik. Bahan kimia ini secara langsung dapat merusak DNA, lalu memulai mutasi yang dapat mengarah pada perkembangan kanker. 

Untuk itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi bagian yang kehitaman pada makanan yang dibakar. Anda bisa meminimalisirnya dengan cara mengolesi daging dengan bumbu kental. Hal itu dapat mencegah kontak langsung dengan api sehingga mengurangi jumlah bahan kimia karsinogenik. 

Antioksidan alami seperti rosemary juga dapat Anda gunakan. Selain sebagai perasa untuk makanan Anda, rosemary juga berguna untuk mengurangi zat penyebab kanker. Anda juga dapat memasak daging dalam oven terlebih dahulu agar tidak terlalu lama memanggangnya agar dapat mengurangi resiko kanker.

Nah, itulah beberapa langkah atau cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker. Dengan menerapkan tips di atas serta dibarengi gaya hidup yang sehat dan makanan yang seimbang, Anda akan terhindar dari berbagai resiko penyakit kanker. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Photo courtesy: indiatimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *