10 Manfaat Kentang bagi Kesehatan

by
Manfaat Kentang Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sangat menyehatkan. Selain mengandung kalori yang lebih rendah ketimbang nasi dan gandum, kentang juga terbukti mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka tak heran jika kentang sering digunakan sebagai alternatif makanan untuk program diet. 

manfaat kentang
Tanaman yang mempunyai nama latin Solanum tuberosum L. ini ternyata berasal dari Amerika selatan, lalu menyebar ke berbagai belahan dunia. Di Eropa, tanaman ini dijadikan makanan pokok seperti halnya nasi di Indonesia. Kentang sendiri di Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Kentang biasanya diolah sebagai bahan pelengkap makanan, seperti keripik kentang, pelengkap sup, perkedel dan kentang goreng. Nah, berikut kami sajikan ulasan lengkap tentang manfaat kentang bagi kesehatan.

Manfaat Kentang bagi Kesehatan

1. Kaya serat

Kentang digolongkan sebagai makanan berat. Meskipun demikian, kentang memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik bagi pencernaan Anda dan juga bagi orang yang berniat menurunkan berat badan karena mengandung rendah kalori.

2. Melawan penyakit

Seperti yang disebutkan di atas, kentang merupakan sumber serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Di samping itu, makanan ini berguna untuk mengurangi resiko kanker. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyat kentang juga bermanfaat dalam melawan penyakit jantung. Kentang juga mengandung vitamin B6 yang membantu Anda untuk mengatasi gangguan saraf.

3. Baik untuk penderita diabetes

Banyak orang yang menganggap bahwa kentang tidak baik bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Padahal justru sebaliknya, faktanya belum ada penelitian yang mengkaji dampak buruk kentang terhadap indeks glisemik pada penyakit diabetes.

4. Bermanfaat untuk perawatan kulit

Kentang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh Anda, terutama kulit wajah. Menerapkan masker kentang di wajah Anda dapat membuat kulit wajah Anda cantik dan bersinar. Selain itu, tempelkan potongan kentang di mata Anda selama 30 menit untuk mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda.

5. Berkhasiat menurunkan kolesterol

Anda mungkin sering mendengar berbagai mitos yang mengatakan jika kentang akan membuat Anda gemuk. Namun dalam kenyataannya, tanaman ini rendah kalori dan non lemak. Selain itu, kentang juga bersifat mengenyangkan. Bahkan, kentang juga berkhasiat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

6. Baik untuk kesehatan otak

Kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda sehingga Anda tetap fit dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di sisi lain, kentang adalah sumber yang kaya zat besi dan tembaga yang bermanfaat bagi kesehatan otak Anda.

7. Mengurangi peradangan

Jika Anda seringkali mengalami peradangan eksternal atau internal, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi kentang. Makanan ini bersifat lembut, mudah dicerna dan meringankan kinerja usus dan sistem pencernaan sehingga terhindar dari peradangan. Di samping itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan peradangan eksternal yaitu dengan cara meggosokkannya pada kulit, seperti bisul dan sariawan.

8. Mengobati memar dan luka

Tahukah Anda bahwa jus kentang ternyata sangat baik untuk pengobatan memar, luka bakar, keseleo dan bisul untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, tanaman ini juga membantu melawan efek narkotika dan masalah kulit. Kentang juga berguna untuk melawan kanker prostat dan rahim serta pembentukan kristal atau tumor.

9. Menyembuhkan batu ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan karena peningkatan asam urat dalam darah. Dokter biasanya menyarankan pasien yang menderita batu ginjal untuk mengkonsumsi lebih banyak kentang karena mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi.

10. Mengatasi stres

Kentang kaya akan vitamin B6, zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel. Di samping itu, kentang juga bermanfaat untuk mengatasi stres sebab dapat memproduksi hormon adrenalin yang membantu kita merespon stress serta GABA yang memungkinkan kita rileks dan memberikan kita rasa tenang.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kentang bagi kesehatan. Kentang akan menyehatkan jika dimasak dengan cara yang benar. Anda sebaiknya merebus atau mengukusnya ketimbang menggorengnya karena kentang yang digoreng akan mengandung lemak dan tambahan kalori. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: sxc.hu: FeatherWol

Informasi Kesehatan:

  • manfaat perkedel kentang
  • manfaat perkedel
  • kasiat bregedel
  • keunggulan dari perkedel kentang
  • manfaat pembuatan perkedel kentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *