Inilah Beragam Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

by
manfaat kurma
Manfaat Buah Kurma – Kurma merupakan salah satu jenis buah tertua yang sering dibudidayakan. Di samping itu, buah kurma dikenal mengandung nilai gizi yang sangat tinggi. Berasal dari oasis padang pasir Afrika utara, barat daya Asia dan Timur Tengah, buah manis yang tergolong ke dalam famili sawit ini ternyata memiliki sebutan yang cukup unik, yaitu ‘pohon kehidupan’. 

Buah kurma kini telah menjadi salah satu buah primadona masyarakat di berbagai belahan dunia karena dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain kaya akan vitamin dan mineral, kurma juga dianggap sebagai bagian menu diet yang menyehatkan. Nah, apa saja manfaat lain dari buah padag pasir ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma

1. Mencegah masalah jantung

Anda bisa mencegah berbagai masalah jantung hanya dengan mengkonsumsi buah kurma. Caranya, rendam kurma selama semalam, lalu minum air rendaman tersebut. Cara ini terbukti berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Lakukan cara ini secara rutin dua kali seminggu. Selain itu, kurma juga berguna untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

2. Meringankan sembelit

Kurma juga dikenal sebagai obat pencahar karena dapat mengatasi masalah sembelit. Sebab fungsi lain dari kurma yakni menghilangkan limbah atau kotoran dalam tubuh. Caranya sama seperi di atas, rendam kurma ke dalam air semalam lalu konsumsi di pagi hari seperti layaknya Anda meminum sirup.

3. Menyembuhkan gangguan usus

Mengkonsumsi kurma secara rutin bisa membantu Anda menyingkirkan berbagai masalah pencernaan, khususnya di usus. Pertumbuhan organisme patologis di usus dapat terkendali dengan memenuhi asupan kurma yang cukup. Selain itu, kurma juga mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam sistem percernaan tubuh.

4. Mengobati kanker perut

Selain dianggap sebagai suplemen alami dan bergizi, kurma juga terbukti secara ilmiah dapat mengobati kanker perut. Kurma juga dapat dikonsumsi oleh semua umur serta tidak memiliki efek samping. (Baca juga: Jenis-Jenis Kanker

5. Mengobati diare

Kurma kaya akan kalium sehingga sangat pas bila digunakan untuk mengobati diare. Selain itu, kurma juga mudah dicerna sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita diare.

6. Sumber yang kaya energi

Kurma mengandung gula alami dan baik untuk kesehatan seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa yang berguna untuk memenuhi asupan energi Anda setiap hari. Oleh karena itu, buah kurma sangat ideal dan aman bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

7. Membantu mencegah gigi berlubang

Kurma kering dapat membantu dalam mengurangi kerusakan gigi. Kandungan fluor yang tinggi berguna untuk pembentukan enamel pada gigi.

8. Ideal untuk ibu hamil

Kurma dapat membantu mengurangi nyeri saat persalinan jika seorang wanita mengkonsumsi kurma secara teratur selama masa kehamilan. Hal ini karena kurma bermanfaat untuk memperkuat otot-otot rahim. Selain itu, nutrisi yang ada dalam kurma memperkaya kualitas ASI.

9. Meningkatkan stamina seksual

Kurma juga dikenal sebagai makanan pembangkit stamina seksual. Caranya, rendam kurma dalam susu kambing semalamam, lalu blender rendaman kurma tersebut dengan madu dan bubuk kapulaga. Minumlah jus tersebut secara rutin untuk meningkatkan daya tahan seksual Anda.

10. Baik untuk pencernaan dan sistem saraf

Kurma memiliki jumlah serat dan asam amino yang cukup tinggi yang berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma juga mempunyai kandungan kalium yang sangat baik untuk sistem saraf.

11. Manfaat lain dari kurma

Kurma dapat meningkatkan penglihatan serta berguna untuk mengobati rabun senja. Selain itu, kurma juga mengandung zat besi dalam jumlah tinggi yang membantu dalam menyembuhkan anemia. Bahkan, kurma terkadang digunakan sebagai pertolongan dini bagi orang yang keracunan alkohol.

Nah, para pembaca Mag For Beauty sekalian, itu tadi beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan. Maka dari itu, kurma memang sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar Anda dapat memperoleh berbagai khasiat menakjubkan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: sxc.hu: Leno4ka90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *