Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin C Terbaik

by
Sumber Vitamin C. Asam askorbat atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, makanan yang kaya vitamin C sebaiknya lebih diprioritaskan dalam diet harian Anda. Selain berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi, serta mencegah penyakit kudis.
sumber vitamin c
Adapun makanan yang menjadi sumber vitamin C sebetulnya sangatlah beragam, terutama pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Mungkin ketika Anda mendengar nama vitamin C, satu hal yang terlintas di benak Anda adalah buah jeruk. Faktanya, ada banyak sekali sumber vitamin C yang dapat Anda jumpai. Diantaranya, buah papaya, stroberi, kiwi, dan lain sebagainya. Nah apa saja buah atau sayuran yang mengandung vitamin C? Berikut ulasan tentang makanan sumber vitamin C terbaik versi Mag For Beauty

Makanan Sumber Vitamin C

1. Jeruk

Jeruk merupakan sumber makanan yang sangat kaya vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah jeruk yaitu sekitar 50 sampai 70 mg yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, jeruk juga mengandung folat dan serat yang tinggi.

2. Pepaya

Selain dapat dimakan dengan beragam cara, seperti memakannya mentah, direbus atau sebagai campuran es buah, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Pepaya juga mengandung vitamin A dan vitamin B9 atau folat yang membuat buah ini bergizi tinggi.

3. Stroberi

Stroberi tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, tetapi juga mengandung sejumlah besar vitamin C. Dalam satu porsi 147 gram stroberi memiliki sekitar 86,5 miligram vitamin C.

4. Kiwi

Buah yang berbentuk oval ini sering disebut sebagai gooseberry Cina dan hanya bisa dibudidayakan di beberapa negara saja. Namun Anda jangan khawatir, buah ini kini telah diekspor ke berbagai negara. Selain dapat memenuhi asupan vitamin C, kiwi juga memiliki rasa yang sangat lezat.

5. Cabai

Cabai terbukti mengandung vitamin C yang sangat tinggi melebihi makanan lain. Oleh sebab itu, penuhi asupan vitamin C Anda dengan mengkonsumsi cabai dengan porsi yang tepat agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

6. Jambu biji

Guava atau jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Bagaimanapun cara Anda memakannya, khasiat buah jambu biji akan tetap terjaga.

7. Kubis

Kubis ternyata juga mengandung vitamin C. Dua cangkir kubis mengandung 160,8 miligram vitamin C. Selain itu, kubis juga kaya akan vitamin A, C, dan K, fitonutrien dan serat.

8. Paprika

Paprika tergolong famili cabai yang juga mengandung vitamin C. Satu gelas paprika merah memiliki kandungan 190,3 miligram vitamin C. Sedangkan pada paprika hijau, vitamin C nya sebanyak 119,8 miligram.

9. Blewah

Buah ini merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Meskipun kandungan vitamin C tidak sebanyak pada buah jeruk, tidaklah salah jika Anda mencoba buah yang satu ini. Dalam satu porsi blewah, terkandung sekitar 49,2 miligram vitamin C.

10. Jeruk bali

Selain sebagai sumber makanan yang kaya vitamin C, jeruk bali juga mengandung asam salisilat yang membantu mencegah arthritis serta memiliki sifat antiseptik.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda, niscaya Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga terhindar dari serangan penyakit akibat daya tahan yang menurun.

Photo Courtesy: SweetOnVeg @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *