Inilah Makanan untuk Mencegah Penuaan Dini

by
Mencegah Penuaan Dini. Sebagian besar dari Anda mungkin akan melakukan cara apapun agar dapat memiliki kulit halus dan tampak lebih muda. Meskipun saat ini ada banyak produk kecantikan di luar sana yang mengklaim dapat mengatasi penuaan dini pada kulit, Anda disarankan lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit tersebut. Pasalnya, ada sebagian produk mempunyai efek samping terhadap kulit atau mungkin tidak cocok dengan jenis kulit Anda.
mencegah penuaan dini
sxc.hu: FrenchByte
Alih-alih menggunakan produk kimia untuk perawatan kulit, ada baiknya Anda mencoba mengubah kebiasaan Anda menjadi lebih sehat dengan menghindari stres dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Sebab, kesehatan kulit juga dipengaruhi makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sebagai contoh, jika Anda terlalu sering mengonsumsi junk food, maka secara tidak langsung asupan nutrisi untuk kulit Anda kurang tercukupi. Hal itu mengakibatkan regenerasi sel-sel kulit Anda akan terhambat sehingga akan memicu munculnya kerutan atau keriput pada wajah. 

Proses Penuaan Dini

Penuaan adalah proses yang terjadi ketika sel-sel dalam tubuh rusak karena unsur-unsur eksternal seperti panas, polutan, sinar matahari, dll. Jika sel-sel tubuh tetap terjaga dengan memenuhi nutrisi, sirkulasi oksigen, dan terhidrasi dengan baik, maka proses penuaan bisa ditunda. Nah, pada artikel kali ini, Mag For Beauty akan mengulas daftar makanan yang dapat membantu dalam mencegah penuaan dini.

Daftar Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan Dini

1. Alpukat

Alpukat sangat kaya akan vitamin E yang penting bagi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mencegah keriput pada wajah Anda. Dengan kata lain, mengonsumsi alpukat mentah dapat membantu Anda terlihat lebih muda dan panjang umur. 


2. Cokelat

Dark chocolate merupakan salah satu jenis makanan yang ampuh untuk melawan penuaan dini. Kakao pada cokelat memiliki beberapa nutrisi yang dapat membantu untuk meremajakan kulit serta memperbaiki sel-sel yang rusak.

3. Kopi atau teh hijau

Jika Anda kecanduan minum kopi atau teh hijau, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Sebab, kopi dianggap sebagai salah satu minuman mujarab untuk mengatasi penuaan dini. Kopi dan teh hijau memiliki antioksidan yang berguna untuk kesehatan kulit Anda.

4. Melon

Makanan anti penuaan dini selanjutnya adalah buah melon. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Melon diperkaya vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Selain dapat membuat Anda tampak awet muda, mengkonsumsi melon juga dapat memenuhi asupan serat dan cairan harian Anda.

5. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber protein yang tinggi serta mengandung antioksidan. Sebagian besar kacang-kacangan memiliki sifat anti-penuaan. Walnut dan almond adalah jenis kacang yang paling dianjurkan untuk mencegah penuaan.

6. Sayuran

Selain kaya akan serat, sayur mayur juga mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan, jika orang mulai mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, maka resiko terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi dapat diminimalisasi. 

7. Berries

Semua jenis berries, terutama gooseberry sangat kaya vitamin C yang berperan dalam memperlancar sirkulasi darah yang baik serta memberikan mineral dan garam ke seluruh tubuh. oleh karena itu, jika metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik, maka hal ini dapat membantu dalam menjaga tubuh Anda bugar dan melawan penuaan.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang berkhasiat melawaan penuaan dini. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus rutin berolahraga dan mengkonsumsi banyak air (minimal 6 sampai 8 gelas dalam sehari). Berolahraga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta membuat Anda lebih energik. Sedangkan asupan air yang cukup dapat membantu dalam melarutkan semua zat gizi yang diperlukan dalam darah untuk memastikan kesehatan yang baik dan panjang umur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *