Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin B12 Terbaik

by
Sumber Vitamin B12. Cobalamin atau biasa disebut vitamin B12 merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks (terdiri atas delapan jenis vitamin B). Vitamin yang larut dalam air ini memiliki peran penting untuk sistem saraf dan peredaran darah yang sehat. Di samping itu, vitamin B12 juga berperan vital dalam sintesis DNA sehingga keberadaan vitamin ini memang benar-benar dibutuhkan bagi tubuh. 
sumber vitamin B12
Selain itu, mencukupi asupan vitamin B12 dapat mencegah anemia, kanker payudara, serta kerontokan rambut. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini dalam makanan sehari-hari. Nah, apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin B12? Berikut kami sajikan daftar makanan yang mengandung cobalamin.

Makanan Sehat Sumber Vitamin B12

1. Tiram

Moluska (hewan lunak yang bercangkang) ini merupakan sumber vitamin B12 yang baik dan juga mengandung sejumlah zat besi. Hewan yang masih keluarga keong dan kerang ini mengandung 16,4 mcg per 6 tiram.

2. Clam

Clam juga tergolong ke dalam hewan moluska seperti halnya tiram. Moluska juga dapat dikategorikan sebagai gudangnya vitamin B12. Apapun cara Anda mengkonsumsinya, entah itu memakannya mentah atau dimasak, kebutuhan vitamin B12 Anda akan tercukupi. Bahkan, Anda juga mendapat bonus nutrisi penting lainnya, seperti kalium dan zat besi.

3. Keju

Sumber vitamin B12 selanjutnya adalah keju. Jumlah vitamin B12 yang terkandung pada keju sangat bervariasi tergantung dari produknya. Untuk memperoleh nutrisi vitamin B12 terbaik, disarankan untuk memilih keju Swiss, Mozzarella dan Parmesan.

4. Daging Sapi

Beef merupakan sumber vitamin B12 lainnya. Konsumsilah daging sapi dengan porsi yang sewajarnya agar memperoleh manfaatnya bagi kesehatan. Selain vitamin B12, daging sapi juga kaya akan seng, zat besi, dan protein.

5. Telur

Telur ternyata juga mengandung vitamin B12, terutama pada kuning telur. Jumlah vitamin B12 berbeda-beda tergantung jenis unggasnya. Telur angsa, misalnya, mengandung vitamin B12 lebih tinggi yaitu 7,34 mcg/100gr dibandingkan dengan telur telur ayam yang mengandung 1,95 mcg/100gr. Sedangkan telur bebek memiliki kandungan vitamin B12 3,78 mcg/100gr.

6. Kalkun

Selain rasanya yang lezat, ayam kalkun ternyata juga mempunyai kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung 48,2 mcg vitamin B12. Jadi, apa salahnya jika Anda sekali-kali mencoba daging kalkun? Meskipun harganya mahal, hal ini rasanya sangat sepadan dengan rasanya yang enak dan gurih dibandingkan dengan ayam biasa. 

7. Whey

Jika Anda seorang vegetarian, beberapa daftar makanan di atas tentu menjadi pantangan keras buat Anda. Tapi Anda jangan khawatir. Anda tetap bisa mencukupi asupan vitamin B12 dari protein whey. Selain kaya akan vitamin B12, protein whey juga berguna untuk membangun otot-otot tubuh Anda dengan cepat.

8. Kepiting

Meskipun kandungan vitamin B12 tidak sebanyak pada daging sapi atau kalkun, kepiting dapat menjadi alternative sumber vitamin B12 yang baik. Dalam 3 ons kepiting, terdapat sekitar 9,8 mcg vitamin B12.

9. Ikan

Ikan salmon, haring, kakap, dan forel mengandung vitamin B12. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga diperkaya vitamin dan mineral penting lainnya. Oleh sebab itu, pastikan salah satu ikan tersebut jadi menu makanan harian Anda.

10. Tempe

Vitamin B12 pada tempe terbentuk dari proses fermentasi oleh bakteri. Jadi kini Anda tak perlu ragu lagi terhadap makanan bergizi ini. Selain murah, tempe juga sangat mudah dijumpai di pasar maupun supermarket.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin B12. Maka dari itu, selalu ingat untuk menyisipkan salah satu makanan di atas untuk memenuhi asupan vitamin B12 harian Anda. Baca juga artikel menarik lainnya yang membahas sumber vitamin D, vitamin E, dan vitamin C.

Photo Courtesy: @Flickr

Informasi Kesehatan:

  • Dari apa sumber Vitamin B12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *