Manfaat dan Khasiat Super Menyehatkan Ikan Tuna

by
kandungan gizi ikan tuna
Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna – Kandungan gizi ikan tuna memang terbukti sangatlah tinggi. Tak heran jika salah satu jenis makanan seafood ini seringkali diburu oleh banyak orang karena merupakan sumber makanan yang menyehatkan. Pasalnya, ikan tuna memiliki kandungan protein dan mineral yang sangat tinggi. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan sumber potassium dan vitamin B kompleks, yang diperlukan untuk perkembangan otot. 

Nah, para pembaca Mag For Beauty, sudah tahukah Anda tentang manfaat lain dari ikan tuna bagi kesehatan? Jika belum, di sini kami akan membahas beberapa manfaat dan khasiat dari ikan tuna bagi kesehatan. Apa saja manfaat ikan tuna? Berikut ulasannya.

Khasiat dan Kandungan Gizi Ikan Tuna

1. Membantu mengurangi stres

Ikan tuna terbukti kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini tergolong sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh, baca ulasan lengkapnya di: Manfaat Asam Lemak Omega 3. Kandungan omega 3 pada ikan tuna berguna untuk mengurangi tingkat stress atau depresi. Selain itu, ikan tuna bermanfaat bagi wanita yang sedang menderita ketidakseimbangan hormon.

2. Membantu untuk detoksifikasi tubuh

Ikan tuna kaya akan mineral dan selenium yang membantu untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membantu dalam membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Bahkan, seringkali orang mengkonsumsi ikan tuna saat diet untuk menurunkan berat badan. Selain dapat mengembalikan tingkat energi atau stamina tubuh, ikan tuna juga berkhasiat untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

3. Ikan tuna sangat baik untuk kesehatan jantung

Karena ikan tuna kaya akan asam lemak omega 3, hal ini berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Selain bermanfaat dalam menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, ikan tuna juga melindungi jantung dari denyut jantung yang abnormal sehingga mungkin terbukti berakibat fatal bagi kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang, seperti terkena serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

4. Ikan tuna membantu mencegah kanker

Menurut berbagai penelitian, ikan tuna membantu untuk mencegah kanker payudara pada wanita. Di samping itu, ikan tuna juga berkhasiat untuk mencegah penyakit lainnya seperti stroke karena kaya akan magnesium dan asam lemak.

5. Sumber protein yang baik

Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun otot yang kuat serta aliran darah yang lancar. Ikan tuna merupakan sumber protein yang sangat baik. Oleh sebab itu, dengan mencukupi kebutuhan protein tubuh dengan mengkonsumsi ikan tuna, maka kesehatan tubuh Anda juga akan baik secara keseluruhan. Misalnya, dengan protein yang cukup, maka kesehatan kulit akan terjaga serta terhindar dari penuaan dini. Begitu juga dengan kesehatan rambut Anda, jika asupan protein tercukupi, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah rambut, seperti rambut rontok dan kering.

6. Membantu dalam kondisi sindrom mata kering

Beberapa tahun terakhir ini, telah terjadi peningkatan kasus sindrom mata kering karena banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bekerja di depan komputer dan laptop selama berjam-jam lamanya. Ikan tuna mengandung omega 3 yang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, termasuk sindrom mata kering dan gangguan penglihatan karena factor usia lanjut. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur dalam jangka panjang, Anda akan terhindar dari berbagai masalah penglihatan.

7. Meningkatkan fungsi kerja insulin

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna ternyata juga berguna untuk meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh salah satu asam lemak omega 3 yang disebut EPA. Jika kerja insulin Anda normal, maka resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 bisa ditekan sekecil mungkin. Bahkan, bagi Anda yang sudah terkena diabetes tipe 2 sekalipun, ikan tuna sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Baca juga: Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang manfaat ikan tuna bagi kesehatan secara keseluruhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam super sehat!

Photo Courtesy: Danielle Scott @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *