Manfaat Super Buah Nangka untuk Kesehatan

by
manfaat nangka
Manfaat Buah Nangka – Nangka merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak vitamin alami dan mineral. Meskipun termasuk buah yang bisa dipanen semusim sekali, buah nangka sebaiknya dikonsumsi minimal sekali dalam seminggu. Sebab, nangka kaya akan nutrisi penting yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat luar biasa dari buah nangka bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Buah Nangka

1. Nangka baik untuk pencernaan

Buah nangka memang terbukti kaya akan vitamin C. Vitamin C berguna untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, nangka juga bermanfaat dalam memperlancar pencernaan karena memiliki serat yang cukup tinggi. Bahkan, nangka dipercaya dapat mencegah masalah sembelit. Oleh karena itu, konsumsilah nangka secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat.

2. Nangka dapat mencegah kanker

Nangka kaya lignan dan saponin yang berguna untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, buah nangka juga berfungsi untuk menghalau radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit kanker. Bahkan, nutrisinya juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat sehingga mencegah proses penuaan dini atau keriput pada kulit.

3. Nangka mampu mencegah masalah kulit

Buah nangka diperkaya dengan vitamin A alami yang berguna dalam meningkatkan tekstur kulit. Mengkonsumsi nangka setiap hari dapat membuat kulit Anda makin bersinar serta mencegah berbagai infeksi kulit. 

4. Nangka berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Karena nangka kaya akan kandungan potasium, maka hal ini membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah tubuh. Konsumsilah buah nangka secara teratur agar tekanan darah Anda tetap terkendali. Selain itu, nangka juga mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Nangka baik untuk kesehatan tulang

Buah nangka kaya akan magnesium dan kalsium sehingga dapat mencegah risiko radang sendi dan osteoporosis. Di samping itu, mengkonsumsi nangka secara teratur dapat mencegah nyeri sendi pada wanita.

6. Nangka baik untuk kesehatan darah

Buah ini kaya akan zat besi sehingga bermanfaat dalam mencegah masalah anemia pada wanita. Zat besi juga berfungfi untuk memperbaiki fungsi sel-sel darah merah dalam tubuh.

7. Nangka baik untuk tiroid

Selain diperkaya zat besi, nangka juga mengandung tembaga dan mineral lainnya yang berguna untuk mencegah masalah tiroid pada wanita. Selain dapat mempertahankan fungsi tiroid agar tetap normal, nangka juga berkhasiat untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

8. Nangka bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Mengkonsumsi nangka sangat dianjurkan jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan karena buah nangka mengandung sedikit kalori. Fakta lainnya, nangka juga terbukti bebas lemak jenuh. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan. Selain bernutrisi tinggi, buah nangka juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti keripik nangka, selai nangka, dodol nangka, dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan salam sehat. 

Photo Courtesy: jpldesigns ©crestock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *