Manfaat Menakjubkan Jamur bagi Kesehatan

by
manfaat jamur
Manfaat Jamur – Jamur dulunya merupakan tumbuhan liar yang hidup di tempat lembab dan basah. Namun karena tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kini banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman ini. Selain murah harganya, jamur juga mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Artikel berikut akan membahas beberapa manfaat dan khasiat jamur untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Jamur

1. Sumber vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga hanya tersedia melalui sumber eksternal, misalnya sinar matahari. Namun Anda jangan khawatir, jamur ternyata satu-satunya sumber makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari sama halnya dengan tubuh kita. 

Pada prosesnya, jamur terkena sinar ultraviolet B dari matahari sehingga terjadi produksi vitamin D dalam jumlah yang tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi jamur sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi vitamin D.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa jamur juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, jamur berguna untuk meningkatkan produksi sel antivirus dan memperbaiki sel-sel tubuh penting lainnya. Jika sel jaringan dapat diperbaiki dengan cepat pasca mengalami kerusakan, maka sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat dari sebelumnya.

Selain itu, jamur juga berperan penting dalam mematangkan sel-sel sistem kekebalan tubuh. Sel-sel ini disebut sel dendritik yang bekerja untuk membangun pertahanan yang kokoh terhadap mikroba asing.

3. Sumber antioksidan

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu Anda mengatasi oksidasi dalam tubuh Anda. Orang umumnya percaya bahwa sayuran hijau merupakan sumber antioksidan yang baik, namun ternyata aktioksidan juga terdapat pada jamur. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh Anda, selain mengkonsumsi sayuran hijau, Anda juga bisa menggantinya dengan jamur.

4. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Metabolisme merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam tubuh setiap makhluk hidup. Metabolisme yang tidak sehat dapat menyebabkan beragam jenis masalah kesehatan dan juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit obesitas. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin B agar metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik. 

Nah, kabar baiknya, jamur terbukti mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi yang membantu dalam mengubah makanan menjadi glukosa dalam tubuh yang digunakan untuk menghasilkan energi. Selain itu, jamur juga kaya akan vitamin B2 dan vitamin B3.

5. Menjaga kesehatan kandung kemih

Manfaat lain dari jamur adalah mengurangi resiko kanker kandung kemih. Studi menunjukkan bahwa selenium yang terkandung dalam jamur bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena kanker darah, terutama pada wanita. Sebab, wanita membutuhkan jumlah selenium yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit kandung kemih, disarankan untuk mengkonsumsi jamur secara rutin. 

6. Mencegah diabetes

Jamur merupakan salah satu sumber makanan yang rendah kalori. Selain itu, jamur mengandung banyak air, protein, serat, dan vitamin namun tidak mengandung lemak atau kolesterol. Bahkan, jamur ternyata mengandung insulin alami yang merupakan elemen utama untuk melawan diabetes. Oleh karena itu, jamur bermanfaat untuk mempermudah dalam pemecahan gula dalam tubuh sehingga meminimalisir potensi terkena penyakit diabetes. Baca juga: cara mencegah diabetes

Nah, itu beberapa manfaat jamur bagi kesehatan. Selain rasanya yang lezat dan bernutrisi tinggi, jamur juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Anda bisa membuat beragam jenis masakan berbahan dasar jamur, seperti tumis jamur, jamur crispy, keripik jamur, abon jamur, dan lain sebagainya.

Photo Courtesy: Red Junasun @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *