Manfaat Menakjubkan Sayur Bayam bagi Kesehatan

by
Manfaat Bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang terbilang cukup populer karena harganya yang murah dan disukai banyak orang. Selain itu, sayur bayam juga mudah diperoleh, baik itu di pasar tradisional maupun supermarket. Pasalnya, tanaman yang mempunyai nama latin Amaranthus dab ini mempunyai karakteristik bisa hidup hampir di berbagai kondisi, terutama pada musim penghujan. 

Kandungan Nutrisi pada Bayam

Salah satu alasan mengapa bayam dicintai banyak orang adalah karena sayur bayam kaya akan vitamin dan mineral. Adapun kandungan nutrisi sayur bayam yaitu protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, magnesium, vitamin K, mangan, dan folat. Di samping itu, sayur bayam juga terbukti rendah kalori serta kaya akan serat sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang berdiet.

manfaat bayam
Tahukah Anda bahwa makanan favorit popeye ini awalnya tumbuh di benua Amerika yang kemudian menyebar ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Mungkin hal ini dikarenakan bayam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Nah, sobat Mag For Beauty, apa saja sih manfaat-manfaat sayur bayam lainnya? Berikut kami hadirkan beberapa manfaat menakjubkan bayam bagi kesehatan.

Manfaat dan Kandungan Gizi Sayur Bayam

1. Bayam kaya akan kadungan mineral, vitamin dan elemen penting lainnya seperti tiamin dan riboflavin.

2. Bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten, lutein dan xanthene yang hadir dalam bayam mencegah penyakit defisiensi vitamin A seperti rabun.

3. Sayur bayam juga terbukti mampu mengekang nafsu makan berlebihan serta dapat mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Baca juga artikel: Cara Menurunkan Darah Tinggi

4. Pernahkah Anda membuat jus bayam? Mungkin kedengarannya aneh. Namun tahukah Anda mengkonsumsi jus bayam ternyata sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan agar tetap fit. Mengkonsumsi bayam dalam keadaan mentah lebih baik ketimbang dengan dimasak. Hal itu dikarenakan nutrisinya tetap terjaga sehingga khasiatnya pun lebih terasa. Baca juga: Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat

5. Bayam juga dipercaya sebagai makanan yang ramah terhadap kesehatan jantung. Sebuah penelitian mengatakan bayam ternyata berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan jantung.

6. Sebuah komponen penting pada sayur bayam yang bernama CO-Q10 juga berkhasiat dalam memperkuat otot.

7. Bayam kaya akan protein. Memenuhi asupan protein yang cukup sangat dibutuhkan guna mendorong pertumbuhan terutama pada anak-anak.

8. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bayam juga mengandung beta karoten yang berguna untuk mencegah masalah mata yang serius seperti katarak.

9. Bayam membantu dalam memelihara kesehatan kulit agar tetap sehat dan bersinar karena sayuran ini memiliki jumlah vitamin A yang tinggi.

Nah, itu tadi beberapa manfaat bayam bagi kesehatan. Masih ragukah Anda dengan sayur menyehatkan ini? Maka dari itu, tunggu apa lagi. Mulai dari sekarang, masukkan sayur bayam ke dalam menu harian Anda agar keluarga Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Photo Courtesy: sleepyneko @Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *