Manfaat Menakjubkan Tanaman Seledri bagi Kesehatan

by
Manfaat Seledri. Tanaman berdaun hijau tua ini memang dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Seledri biasanya dipakai sebagai bumbu penyedap rasa pada makanan. Selain dapat menambah aroma dan citarasa, tanaman yang tergolong dalam famili umbelliferai ini memiliki kandungan gizi yang lumayan komplit. Daun, batang dan akar seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 
manfaat seledri
Flickr
Di samping itu, seringkali seledri juga digunakan sebagai obat yang sangat mujarab untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit tertentu, diantaranya mencegah penuaan dini, menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes, asma, dan reumatik, serta menetralkan asam lambung. Berikut manfaat tanaman seledri bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Seledri

1. Seledri merupakan sumber vitamin A serta mineral penting seperti zat besi dan kalium.

2. Seringkali kita mendengar jika sayuran akan kehilangan nilai gizinya setelah memasak. Namun, hal ini jelas berbeda pada seledri. Gizi pada seledri dapat dipertahankan hingga 80% meskipun setelah dimasak.

3. Bagi orang yang menderita masalah keasaman, seledri berguna untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam sistem. Sedangkan bagi atlet yang sering kehilangan cairan tubuh, seledri berkhasiat untuk mengembalikan elektrolit dan mencegah dehidrasi.

4. Jus seledri juga dapat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Minum jus seledri 2-3 kali sehari terbukti ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh agar Anda tetap bugar menjalani kegiatan sehari-hari.

5. Kabar bagus bagi Anda yang sedang menjalani diet, minum jus seledri setiap hari akan membantu Anda menekan nafsu untuk mengonsumsi makanan manis sehingga berat badan Anda tetap terjaga.

6. Seledri juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, seledri juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal menjadi lebih baik.

7. Seledri mencegah pembentukan batu di kandung empedu serta mengatasi masalah sembelit.

8. Seledri juga bagus untuk mencegah kanker perut. Tanaman obat ini juga dikenal berkhasiat untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

9. Seledri bermanfaat untuk menenangkan sistem saraf dan juga mengontrol tekanan darah tinggi.

10. Akar seledri sangat efektif dapat meningkatkan nafsu makan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat seledri bagi kesehatan tubuh baik fisik maupun mental/saraf. Meskipun ukuran dan penggunaannya terbilang kecil, jangan pernah menyepelekan manfaat dan khasiat dari tanaman beraroma khas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *